tehfira.my.id

5 Big Why Nulis Blog dari Aku yang Masih Pemula

Big Why Nulis Blog - Kenapa sih harus pilih blog? kenapa nggak pake media lain untuk nulis? kalau versi aku sih begini ya...samain yuk?

big why nulis blog
edit di Canva


Setiap orang pasti punya alasan atas semua tindakan yang diambilnya. termasuk juga ketika memutuskan untuk nulis di blog. Padahal selain blog juga masih banyak banget media lain yang bisa dipakai buat nulis.

Misalnya nulis di aplikasi buku online kayak Wattpad, nulis diary konvensial, atau nulis di tembok  WC misalnya. (hayoh kelakuan sapa nih)

Namun untuk aku pribadi, aku sih punya alasan khusus kenapa sampai memilih blog sebagai media menulis. Di mana alasan-alasan itu cukup ampuh bikin aku mau belajar dan konsisten menulis di blog.

5 Big Why Nulis Blog dari Aku yang Masih Pemula

Mau tahu kenapa aku pilih blog? ini dia 5 alasan kenapa harus blogging. Bungkus!!!
  1. Belajar nulis
  2. Menyalurkan ide
  3. Refleksi jiwa
  4. Media pengingat
  5. Terlatih melihat dari sudut pandang lain
Agak sedikit berbeda dengan BIG Why Nulis Blog dari kebanyakan orang, karena tidak tercantum alasan yang berhubungan dengan uang, cuan atau finansial. Kenapa ya? hehe, nanti aku jawab deh.

Big Why Nulis Blog - Belajar Nulis

Untuk belajar nulis itu ternyata tidak mudah lho. Perlu media sekaligus pecutan supaya semangat nulis tidak redup. Media yang aku  rasa simple terus bisa memfasilitasi belajar nulis ya...Blog.

Di blog, selain bisa curhat melampiaskan jatah ribuan kata dalam sehari, aku juga bisa kenalan dengan tulisan orang lain.  Orang lain juga bisa kenalan dengan tulisan aku (kalau ada sih, ya)

Dengan proses kenalan itu, aku jadi bisa belajar nulis, belajar dari tulisan orang lain, bahkan sampai belajar memahami perasaan orang lain juga. Pokoknya nulis di blog itu menyenangkan.

Menyalurkan ide

Ide tuh kalo didiemin biasanya suka karatan dan hilang entah ke mana. Kan sayang banget kalo udah ada banyak ide, tapi gak di salurkan sama sekali. 

Seperti cinta yang butuh pasangan untuk dilampiaskan. Menurutku sih pasangan yang tepat untuk menyalurkan ide menulis apa, ya...dengan blog. (yang belum punya pasangan, yuk ngeblog... hehe)

Atau seperti kita curhat dengan seseorang yang paling mengerti. Ya....di blog ini lah tempatnya.

Selain ide jadi tersalurkan, aku bisa juga mendapat tanggapan orang lain tentang ide itu.

Refleksi Jiwa

Menarik sekali nih Big why nulis blog dari aku yang masih pemula bagian selanjutnya. Karena alasannya adalah sebagai refleksi jiwa.

Banyak banget sumber yang mengulas bahwa menulis bisa sangat berguna untuk merefleksikan jiwa. Iyes betul tul banget! Ketika kita gaslau, gundah gulana, unek-unek yang menggebu-gebu tak tersampaikan, maka blog adalah salah satu media yang bisa menampung itu semua.

Insyaallah setelah nulis di blog kita bakal ploong.

Ternyata nulis emang bener-bener bisa menjadi arena latihan hati dan jiwa untuk bicara. Sehingga emosi, rasa kecewa,  dan rasa kesal yang terpendam itu bisa keluar di jalur yang benar. 

Beda cerita ketika kita meluapkan uneg-uneg di media sosial seperti Facebook atau di status WhatsApp, tulisan kita tidak bisa tersampaikan secara panjang lebar, dan kurang apik, dan lagi bisa terlalu mudah di baca orang.he

Media Pengingat

Dengan terbiasa menuliskan apa yang ada di pikiran, dituangkan di blog, lama-lama aku jadi terbiasa kalo misalkan ada kepikiran ini bisa dimasukkan ke mana, itu yang mana, tentang ini buat kapan, itu dilakukan besok, ini dilakukan sekarang. Hal-hal yang kayak gitu.

Hemmm, kok ribet ya bahasanya. wkwkw

Maksud aku begini loh. Jadi misalkan kalo sebelumnya kusut mau make duit yang gak seberapa buat yang mana dulu, dengan terbiasa nuliskan sesuai pengkategorian, bisa jadi loh jadi kepikiran duit yang gak seberapa tadi bisa dibagi berdasarkan skala prioritas.

Menjadwalkan sesuatu pun bukan hal yang aneh lagi kalo misalkan sebelumnya orangnya tipe yang berantakan *tunjuk diri sendiri.

Inti dari Big Why nulis blog sebagai media pengingat adalah : Kalau dah ditulis, dicurhatin, aku jadi bisa lebih kuat mengingat.

Terlatih Melihat dari Sudut Pandang Lain

Seru juga kalau bahas Big why nulis blog yang terakhir.

Kadang kalau nulis sendiri, buat konsumsi pribadi, aku tuh ya nulis gimana plok nya aja. gak ada urusan sama hati orang lain. Tapi ketika nulis di blog, aku sebelum publish itu mikir lagi sudut pandang orang lain soal tulisan aku.

Dan itulah 5 Big why nulis di blog versi aku yang masih pemula. sebetulnya masih ada satu alasan lagi yang sangat berhubungan dengan finansial. ya! alasan itu adalah alasan untuk memperoleh penghasilan dari blog.

Eh tapi gimana, ya. Kok rasanya aku masih malu kalau nulis karena mau uang, lah wong tulisan aku aja masih acak-acakan. Lalu ada yang bilang kalau nulis karena uang, isi tulisan kita nanti bisa dipengaruhi oleh siapa yang memberikan uang.

Jadi untuk alasan memperoleh penghasilan, masih belum nih. Nggak tahu kalau besok. wkwkwkw 

Bagaimana Caraku Membagi Waktu buat Nge-Blog

Eh ada lagi nih tips kece dari kelas Blogspedia Coaching for Newbie, simak juga ya...

Jujur, dari awal bikin pas waktu itu ngodop (ikut komunitas nulis one day one post). sampai sekarang masih sulit bagi waktu. mangkanya ngodopnya gatot Pisan.

Tapi aku punya kesadaran kalau kesulitan itu harus segara ditakulukan. dan salah satu cara yang ingin kutempuh adalah dengan kembali berkomunitas.

Bersama Blogspedia, kelas blogger cupu yang dinahkodai oleh blogger keren. perlahan tapi pasti aku mulai belajar mengatur waktu.

Jangan Menunda Menulis

Pertama yang harus dilakukan adalah jangan mendunda waktu menulis. dan ini harus wajib diprioritaskan. nggak boleh enggak dilakukan.

Seringnya kita dijebak oleh akal kita sendiri. misalnya ketika ada tugas nih. eh si akal ngakalin akal kita supaya tugasnya di entar2. mending tidur dulu, atau apa dulu kek yang lebih penting.

Padahal menunda waktu nulis  itu gerbang pertama banget yang ngehalangi kita bisa ngatur waktu nulis.

Senggangkan waktu untuk menulis, bukan menulis di waktu yang senggang. eh kok jadi inget hafalan ya. duh.

Hindari Nulis yang Berat

Seringnya aku suka terjebak dengan monentum ketika awal harus menulis. pengen banget tulisan langsung bagus, apalagi pas ada yang mampir terus muji tulisan aku. 
padahal kan kalau belajar mah yang penting nulis dulu aja ya.

Manfaatkan Partner

pernah di satu kesempatan aku bertanya ke Mbak Marita tentang cara membagi waktu. soalnya aku kagum banget dengan cara beliau menulis padahal kesibukannya padat.

Lalu  beliau menjawab kalau di balik kesuksesannya membagi waktu, ada peran pasangan untuk ikut membantu. uuuuuwuuu sozweat banget kan.

Jadi kalau misal mau nulis, kerjaan rumah, ngurus anak bisa di minta tolong kan ke pasangan. atau sebelumny diskusi dulu biar bisa menyesuaikan.

Dari obrolan tersebut aku jadi terbuka pikiran. eh iya ya. kenapa nggak nyuruh suami bantu aja. hrhrhe

Menulis dengan Hati


Selanjutnya adalah bagian yang sedikit intim. dalam membagi waktu untuk menulis di blog, seringnya hati lebih memilih yang lain. misalnya milih buka marketplace--nyari diskon.  atau milih buka sosmed untuk memantau perkembangan. (padahal dah tahu bisa habis waktu)

Kesimpulan dan Penutup Big why Nulis Blog

Akhirnya sampai juga curhatan emak-emak di ujungnya. Gimana man teman, ada yang bisa diambil dari tulisan aku tentang Big wht nulis blog dan cara mengatur waktu nulis? hehe. Pasti nggak ada lah ya. 

Secara keseluruhan aku sih mau bilang kalau apapun Big Why nulis Blog yang ada dalam diri kita, usahakan itu adalah memang dari kita, dan kita percaya akan semua alasan-alasan itu. Kalau bukan kita yang mempercayai dari awal tulisan itu, siapa lagi?

Related Posts

16 komentar

  1. Bener juga ya kalau nulisnya berat2, akhirnya nggak nulis2 hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. he. betul banget Mbak, ujungnya jadi nggk produktif

      Hapus
  2. Sepakat, blog emang platform belajar nulis yang ekonomis; terus nggak terlalu mudah dibaca orang, hihi.

    Semoga bisa lulus bareng di kelas blogspedia coaching ini yaaa. Gambatte! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaamiiiin ya robbal alamiiiin. haturnuhun teh Ulfa

      Hapus
  3. Saat si akal mencoba ngakalin kita, akhirnya nulisnya entar-entar deh.. Duh kok kayak ada yang tersindir, setuju deh pokoknya, banyak benernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak..penyakit yg paling nyebelin tuh "entar-entar"..wkwk

      Hapus
  4. Iya harus bgt komunikasi sama pasangan. Biar nggak dikira gabut wkwk. Anyway, bener sih.. nulis yang berat2 bikin gagal posting :') beberapa draft gak kelar. Huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe. sebetulnya aku nih banyak sering banget jadi korban draft gak jadi mulu. gak kelar-kelar

      Hapus
  5. nulisnya yang ringan ringan aja ya mbak bair btetap nulis hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku sih iya begitu, Mbak. biar lancar dulu aja kan

      Hapus
  6. Mantep banget nih, tips buat bagi waktunya. Setuju banget sama tips nomor satu, nunda itu emang penyakit mematikan (produktifitas). Biasanya kalau udah ditunda, kadang rancangan tulisan yang udah seliweran di kepala jadi lupa wkwk

    BalasHapus
  7. Nulis yang ringan itu, nulis sambil menikmati makanan ringan ya, mb? Kalau nulis berat habis buat mikir yang berat-berta waktunya, ujjng-ujungnya yang ditulis ringan. :D

    BalasHapus
  8. Terlatih melihat dari sudut pandang orang lain hemmm menarik juga mba hihihi emang apa yang kita tulis harus hati-hati ya, jadi ngingetin juga nih

    BalasHapus
  9. The big why untuk blogging aku juga untuk belajar nulis nih.. Sering kali kita ingin ngungkapin kata" tapi akhirnya lupa :D jadi bisa buat pengingat juga tulisan kita..

    BalasHapus
  10. Iyaa mba setuju banget sama point terakhir,, bahwa yang perlu percaya sama tulisan kita pertama kali itu, diri kita sendiri yaa mba..

    BalasHapus
  11. Apapun memang harus dikomunikasikan dengan partner hidup sih mbak, yg penting tidak meninggalkan kewajiban sebagai seorang istri 🤭, dan restunya. Eheeee. Big why kuat apapun tantangan pasti mudah dilalui

    BalasHapus

Posting Komentar