tehfira.my.id

5 Tempat Wisata Menarik Afrika Selatan, Salah satunya Berhubungan dengan Indonesia, loh!


Sudah tahu tempat wisata menarik Afrika selatan yang belum diketahui orang? Teh Fira akan ulas beberapa di antaranya supaya kamu jadi tahu, yuk ceki-ceki yuk!

Jalan-jalan menarik nggak melulu soal negara-negara di Eropa, Asia atau Amerika. Nyatanya, Negara yang jarang menjadi rujukan tempat wisata juga memiliki tempat menarik untuk dikunjungi loh. Misalnya saja Afrika Selatan.

Kerusuhan Afrika Selatan

Sebelum itu...aku mau cerita kalau beberapa waktu sebelum aku posting tulisan ini, telah terjadi kerusuhan di Afrika Selatan. Kerusuhan tersebut mengakibatkan 72 orang kehilangan nyawanya. Sungguh sangat disayangkan negara yang cukup indah itu mengalami hal demikan.

Banyak media mengabarkan bahwa kerusuhan Afrika Selatan terjadi setelah Mantan Presiden mereka dipenjara.  Alasan lainnya adalah karena kemiskinan, pengangguran, serta ketidak-puasan rakyat terhadap hukum dan pemerintahan yang sedang dijalankan negara itu.

Kekerasan, kerusuhan dan  penjarahan di pusat perbelanjaan tidak bisa dihindarkan. Berikut beberapa gambar yang diambil ketika kerusuhan terjadi :

kerusuhan Afrika Selatan
liputan6.com
Kerusuhan Afrika Selatan
liputan6.com
Kerusuhan Afrika Selatan
liputan6.com
Kerusuhan Afrika Selatan
liputan6.com

Well... apapun penyebabnya, yuk sama-sama berdoa supaya Negara yang pernah menjadi tuan rumah piala dunia ini segera membaik. Lalu mari kita jadikan kerusuhan Afrika Selatan sebagai informasi sekaligus pembelajaran. 

5 Tempat Wisata Menarik Afrika Selatan, Salah satunya Berhubungan dengan Indonesia, loh!

Setelah membahas duka atau berita kurang baik dari sana, sepertinya harus kita imbangi dengan berita baiknya. Ibaratnya biar kita juga tahu kalau Afrika Selatan ini bukan negara yang biasa saja.

Ada beberapa fakta dan tempat menarik yang harus kamu ketahui nih. Siapa tahu aja kan di masa mendatang ada kesempatan menyambanginya. Aamiiiin. Kamu bisa pilih salah satu atau semua 5 tempat wisata menarik Afrika Selatan berikut :

  1. Taman Nasional Kruger – Taman Safari Terbesar di Benua Afrika
  2. Drakensberg – Naga Gunung Terindah di Afrika
  3. Pantai Durban
  4. Victoria & Albert Waterfront – Pelabuhan Terramai di Afrika
  5. Kampung Maccasar – Cape Town

Berbeda dengan Eropa atau Asia. Di Afrika Selatan, kita akan lebih banyak menemukan tempat wisata bertemakan taman margasatwa dan pemandangan alam. Namun, bukan berarti kamu nggak akan ketemu dengan tempat asyik buat nongkrong, atau museum yang syarat akan pendidikan.

Taman Nasional Kruger – Taman Safari Terbesar di Afrika

Orang Indonesia mah biasanya kalau bersafari itu pasti tujuannya ke Bogor, iya kan? Kalau nggak berarti ke salah satu dari Prigen, Bali atau Batang. Dari ke-empat taman yang dikelola oleh Taman Safari Indonesia, yang terbesar memang adanya di Bogor.

Dari Bogor yang kita bilang terluas itu, ternyata ada yang lebih luas lagi. Bahkan dikatakan sebagai taman safari terluas di benua Afrika. Terdapat ratusan spesies hewan terdiri dari :

507 Spesies Burung, 147 spesies Mamalia, 114 spesies Reptil, 34 spesies Amfibi, 336 Jenis Pohon. Yang masih bingung apa itu mamalia, reptil atau amfibi, nanti lah kita belajar lagi materi Biologinya sama aku. Hehe.

Inti dari taman safari adalah kita akan “jalan-jalan” melihat keanekaragaman hewan secara langsung dari habitatnya. Jadi ya begitu, kita jalan di mobil, terus melihat Kuda, Jerapah, Gajah, Zebra, Badak dan ratusan hewan lain secara langsung dari tempat mereka hidup.

Bedanya dengan Bogor, di Kruger – Afrika Selatan ini kita bakalan lihat hewan yang beneran liar, jumlah per spesiesnya bisa puluhan bahkan ratusan, dan yang pasti tempat kita lihat mereka adalah tempat asli, bukan setingan. Hehe. Kan kalau di bogor mah settingan ya.

Beberapa hal yang akan kamu dapatkan ketika berkunjung ke sana di antaranya :

  1. Satwa liar bakalan masa bodo dengan kita. Kecuali, kita mengganggu atau mengancam mereka. Kalau di Bogor mah kan, kita datang itu hewan nyamperin ya. Terus kita kasih wortel deh. Di Kruger mana bisa kasih wortel liar banget hewannya. Hehe
  2. Menyatu dengan Alam. Di Kruger itu kita beneran di alam liar, bukan masuk ke taman yang dalam jarak tertentu akan dibatasi dengan pagar. Hehe
  3. Hewan Penting nan Langka sulit ditemui. lagi-lagi kita bandingkan dengan Bogor ya, di mana hewannya sudah ada, ready dan stanby di satu tempat. Kalau di Kruger mah, beberapa hewan langka beneran susah kita temukan. Mereka yang ingin melihatnya, tidak jarang harus menginap terlebih dahulu beberapa waktu demi menyaksikan sang hewan langka.
  4. Banyak kejutan!. Secara alam liar begitu ya...banyak hal yang pastinya di luar dugaan. Misalnya mobil diseruduk gajah, atau dikejar badak. Hehe
  5. Dan banyak lainnya.

Pegunungan Drakensberg – Naga Gunung Terindah di Afrika

Tempat wisata menarik di Afrika Selatan yang satu ini, ternyata namanya berasal dari bahasa Belanda. Drakensberg memiliki arti Naga gunung, saking apa coba? Usut punya usut, alasan diberikan nama seperti itu karena bentuknya yang besar dan panjang. Sangat mirip dengan gambaran Naga di cerita rakyat Tiongkok. 

Pegunungan ini memiliki tinggi 3.475 Mdpl terbentang hampir 1,2 kilometer sampai sejajar dengan pantai Durban. Menjadi rumah bagi beragam cagar alam, taman wisata, gua berusia ribuan tahun, serta tempa tinggal bagi beragam suku dan budaya Afrika Selatan. Drakensberg adalah situs warisan dunia, penetapannya dilakukan pada tahun 2000.

Kalau kebetulan liburan ke Afsel, boleh dong ya ajak aku mengelilingi pegunungan ini, aku nggak bakalan nolak kok. Jangankan pegunungan, samudera luas saja akan aku sebrangi, asal dibayari saja ongkosnya. hehe

Pantai Durban

Menjadi salah satu dari sembilan pelabuhan terbesar dunia, pantai Durban memang sayang untuk dilewatkan. Awalnya pantai ini menjadi tempat tinggal bagi banyak orang Eropa yang mendaratkan kapalnya sewaktu mencari rempah. Dari orang Portugis, sampai Inggris pernah menduduki tempat ini.

Nama Durban sendiri diambil dari nama Gubernur Cape waktu itu, dia adalah Sir Benjamin Durban. Penamaan tersebut dilakukan untuk menghormati jasa sang gubernur. Sebelum itu, Durban pernah bernama Rio de Natal (yang kasih nama adalah Vasco da Gama – Portugis) dan Port Natal.

Di Pantai ini, ada cukup banyak tempat menarik untuk dikunjungi, loh. Di antaranya ada :

Taman Dunia Air Ushaka.

Tempat tinggal satwa air Afrika dan menjadi salah satu tempat wisata favorit keluarga di sana. Taman ini merupakan taman air terbesar ke-5 dunia juga loh. Jadi soal fasilitas dan akomodasinya, sudah jangan diragukan lagi, ya

Warisan budaya suku Zulu.

Salah satu suku dan kerajaan tertua yang ada di Afsel, di tempat ini kita bisa banget merasakan bagaimana orang-orang suku Zulu menjalankan perabadan.

Letaknya berdekatan dengan Drakensberg dan Greatier St Lucia Wetland Park. 

Kedua situs di atas merupakan situs UNESCO

Sik asyik. Ternyata negara Afrika yang satu ini punya banyak tempat wisata juga ya. Eh masih ada lagi loh.

Victoria & Albert Waterfront – Pelabuhan Terramai di Afrika

Berbeda dengan Durban, yang merupakan salah satu pantai yang memiliki julukan pelabuhan terbesar. Victoria & Albert Waterfront adalah Pelabuhan di Afrika Selatan yang memiliki tingkat kedatangan pengunjung lebih sering dari pelabuhan lainnya.

Pantas saja sih, nyatanya V&A Waterfornt ini memiliki banyak sekali tempat asyik untuk nongkrong. Ada banyak sekali hotel yang bisa kamu tinggali, mulai dari yang termurah sampai dengan kelas mewah bergaya sultan bisa kamu pilih.

Pelabuhan yang dibangun memang untuk wisata ini sudah ada sejak 1860 loh. Secara Cape Town begitu loh, ibu kota Afrika Selatan. Masa iya punya pelabuhan yang biasa-biasa saja. Kalau sudah di sini, kamu nggak bakalan ringrang (risau) soal makanan. Karena banyak sekali restoran yang menyediakan makanan dunia. Kek di Indonesia gitulah.

Cafe, tempat hiburan, atraksi seni, arena nobar, trek jogging, dan lain-lain juga ada di sini. 

Pada perhelatan piala Dunia 2010 lalu, tempat ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk mampir dan memesan hotel. Dekat pelabuhan ini, ada Stadion yang digunakan untuk pertandingan Piala Dunia.

Kampung Maccasar – Cape Town

Masih di Kota yang sama, Cape Town. Menurutku sih ini yang paling menarik. Karena di kampung ini, ternyata leluhurnya berasal dari Indonesia.

Yap! Nama Maccasar berasal dari Indonesia, sebutan untuk daerah Makasar. Di tempat ini mayoritas penduduknya beragama Islam. Dahulu sekali pernah ada penyebar Agama Islam bernama Syekh Yusuf. Beliau berasal dari Gowa, Makassar - Indonesia.

Makam Syekh Yusuf masih ada di sana sampai sekarang, loh. Kalau berkunjung ke sana, kita kayak lagi jalan-jalan di Indonesia saja. Bertemu dengan wajah-wajah yang familiar. Ya....karena memang tidak sedikit muslim di sana memiliki darah Melayu (Indonesia dan Malaysia). 

Info menarik yang aku dapat dari berbagai sumber adalah : Presiden Suharto pernah berkunjung ke sana dan mendirikan sebuah prasasti, lalu di tahun 1995, tepatnya pada 7 Agustus, Syekh Yusuf resmi bergelar Pahlawan Nasional.

Penutup

Oke lah Sahabat Teh Fira semuanya, nanti kalau kebetulan ada rezeki dan kesempatan menyambangi salah satu dari lima tempat wisata Afrika Selatan di atas, jangan sungkan untuk ajak-ajak aku ya, Insya Allah nggak bakalan nolak. Hehe



 

Related Posts

2 komentar

  1. Baru tau ada kampung Maccasar di Afsel, yuk ah kita kesana #sholawatin aja dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mom. Ceritanya ada pejuang yang diasingkan ke sana. Menyebarkan Islam di sana. orang Makassar kaya Zainudinnya Hayati. tapi ini nyata. hehe

      Hapus

Posting Komentar