tehfira.my.id

tips Masang TLD + SSL Gratis ala Teh Fira

haihaihai...udah tahu gimana tips Masang TLD yang gampang itu kayak gimana? eh ada gratis SSLnya juga loh? mau tahu? yuk.... ke tukang Tahu. wkwkwk


Oh ya... soal TLD bih, katanya TLD itu simple pisan. Cuman mengubah blogspot.com jadi .com aja. jadi bisa dibilang sebagai penghapus Blogspot aja. bener nggak sih? ternyata emang bener loh begitu, tapi berlaku buat pengguna blogspot aja.
  
Ketika suami bahas dan cerita masalah TLD, beli domain dan bla-bla-bla yang muncul di pikiran emak-emak kek aku adalah "ngapain coba beli kaya gituan, buang-buang uang, mending tuh uang di pake buat beli sayur, kalo mau nulis di blog, nulis aja gak usah ngeluarin uang" kan begitu yak.

Ternyata pemahaman jenis ini memang banyak dianut oleh orang awam kayak aku. Nggak salah kok mikir kayak begitu. Lah kan TLD kan nggak ada yang pakek Blogspot, wordpres.com atau domain gratis lainnya.

TLD itu apasih?

Berdasarkan ilmu yang pernah kupelajari, TLD atau TOP Level Domain adalah satu domain yang bisa menjadi identitas website kita. disebut TOP karena memang domainnya eksklusif, mesti sewa dan bayar dulu. Nggak ada yang gratis begitu aja.

Eh ada deng, dapet subsidi dari suamik. wkwkwkw
Domain itu hewan apa?

Domain adalah...

Google bilang ke aku, kalau domain adalah nama yang mudah diingat yang terkait dengan alamat IP fisik di internet. Nama unik ini muncul setelah tanda @ di alamat email, dan setelah www. di alamat web. Misalnya, nama domain firacantik.com bisa diterjemahkan ke alamat fisik 198.102.434.8. Contoh nama domain lain misalnya nama blog ini. Tehfira.my.id

Tips Masang TLD yang aku bagikan kali ini mudah banget loh ya. Asal mau baca tahapannya dari awal sampai akhir, pasti langsung bisa praktik. Kalau tidak, uang dijamin kembali deh, tapi ambil di ATM masing-masing ya.

Tips Masang TLD ala Teh Fira

Sebenernya malu sih, baru belajar ngeblog udah sok-sok an bikin tips blogging. Jauh banget ilmuku ini untuk pantas diamalkan ya Alloh. Kalau bukan karena tugas keren dari blogger keren Mbak Marita sih, aku mungkin nggak akan nulis ini, hehe.

Pertama dan yang paling utama dari tips ini adalah niatkan segala sesuatu karena Allah ta'ala, Tuhan yang maha Esa. Karena mau bagaimanapun si domain ini bakalan ikut kena hisab di yaumil akhir. Jadi kalau misal ada niatan buruk tentang domain, segera hapus ya. hehee

Tips berikutnya adalah :

  1. Cari Penyedia Domain yang bagus
  2. Perhatikan step dengan seksama
  3. Cari banyak sumber untuk perbandingan
  4. Putuskan!

Baiklah. yuk kita kupas satu persatu tipsnya ya.

Cari Penyedia Domain yang Bagus

Kalau ada yang bilang bagus itu relatif, aku sih setuju pisan ya. Sama hal dengan ini, milih domain yang bagus juga bisa dibilang mah relatif. Soalnya bagus menurut kita belum tentu bagus menurut orang lain.

Cuman, setahu aku sih penyedia domain bisa dikatakan bagus adalah ketika orang yang sewa domain di dia, si penyewa bisa berhasil memasang domain sendirian. Karena dengan bisa sendirian artinya adalah si penyedia domain menyediakan sarana informasi yang lengkap sebagai petunjuk pemasangan domain.

Jika pun kita kesulitan memasangnya, penyedia domain yang bagus akan selalu hadir lewat chat online, jaringan telepon, atau justru langsung bertemu untuk menyelesaikan masalah.

Pengalaman perdana sewa domain adalah dengan idcloudhost.com. Tertarik dengan situs ini adalah karena dia memilki harga domain murah. Yaitu domain dengan ekstensi .my.id harga sewa pertahunnya cukup murah. Yaitu sebesar Rp10.000.

Di halaman mereka juga dijelaskan bagaimana cara memasang domain. Baik dari blogspot, wordpress kalau yang lainnya. Caranya mudah banget kok, kita hanya perlu membaca dan mempraktikkan setiap stepnya dengan sekesama. 

  1. Daftar akun di idcloudhost,
  2. Cari domain yang sesuai
  3. Bila perlu istikhoroh
  4. Pilih yang cocok, lalu bayar
  5. Masuk ke pengaturan  blogspot
  6. Di kolom alamat blog, ketikan nama domain yang sudah kita sewa
  7. Sistem secara otomatis akan memunculkan peringatan, nanti simpan 2 kode yang ada yaitu : www yang mengarah ke ghs.google.com, lalu ada satu kode pendek berupa beberapa huruf yang mengarah ke lebih banyak huruf dengan ujungnya googlehosted.com
  8. catat kedua kode tersebut
  9. Masuk ke area pelanggan idcloudhost,
  10. Pilih menu domain, My Domain
  11. Pilih name server (eh tapi dah default sih, bisa diskip)
  12. klik lagi Domain, klik DNS Management
  13. klik tombol edit di kanan nama domain kita,
  14. klik add record, lalu sesuaikan setiap record yang ada dengan kode yang sudah disediakan, tutorial lengkapnya bisa lihat di halaman idcloudhost ya
  15. kembali ke setelan blogger, ketikan lagi nama domain yang sudah disewa itu,
  16. tunggu sampai oke, eh siap deh nama domainnya sudah ganti, enggak blogspot lagi

untuk cara masang TLD di tempat lain, kamu bisa lihat di blognya Blogpedia ya. kalau mau lebih seru, gabung ke Blogspedia Coaching Batch2 aja, eh tapi dah tutup deng. hehe
 
Seingatku sih, idloudhost kalau mau SSL harus bayar lagi, jadi nggak 10rb, tidak termasuk biaya sewa domain. Aku sih ngakalinnya dengan nanya google soal SSL gratis,

tapi Sebelum itu sudah tahu SSL kan?

SSL Adalah.....singkatan dari Secure Socket Layer

Nanatiya si SSL ini akan membuat halaman blog kita ada httpsnya. Si Https ini buat apa? fungsinya adalah membuat transfer data di website atau blog kita jadi aman. Kalau nggak ada Httpsnya bahkan blog atau website kita nanti bakalan dicap tidak aman sama Mbah google. kan rugiya.

Setaiap penyedia termasuk idcloudhost ternyata masih belum menyediakan SSL gratis, apalagi untuk pembeli dengan nominal domain yang masih murah. Nggak ada tuh tambahan gratis SSL. 

di Google, aku ketemu sama tutorial pasang SSL gratis, dapet info dari blognya Teh Igniel pas lihat-lihat template yang si Teteh jual. di Blog itu dijelasin kok bagaimana caranya SSL gratis bisa kita pasangkan ke blog. 

Perhatikan Step dengan Saksama

Masih tentang tips masang tld nih, kembali mengingatkan bahwa penyedia domain yang bagus adalah mereka yang memiliki support sistem yang bagus untuk membantu pelanggan baru mendapatkan domain. Idcloudhost memiliki tutorial yang lengkap.

Tugas kita adalah membaca setiap petunjuk dari awal sampai akhir, lihat juga gambar screenshoot tata caranya seperti apa. Supaya tidak ada tahapan yang terlewat dan gagal melakukan aktivasi domain.

Cari Banyak Sumber untuk Perbandingan

aku pribadi mempercayakan beli domain ke idcloudhost setelah membandingkannya dengan produk lain yang setara. Beberapa perbandingan yang bisa kita perhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Perbandingan Harga
  2. Bonus tambahan
  3. Layanan chat fast respon
  4. Testimoni bagus di dunia maya
  5. bukan domain abal-abal

Putuskan!

Tips Masang TLD kali ini mungkin hanya share pengalaman bagaimana aku menyewa domain. Sebaik apapun penyedia domain yang kita kenal, tidak lebih baik ketika kita mencobanya sendiri. Membandingkannya dengan produk lain, lalu memerika kebersihannya.



Related Posts

1 komentar

  1. Iya betul mbak. Untuk pengalaman pasang TLD sendiri aku ter skip hiks. Soon kalau ada kesempatan mau pasang sendiri biar ada kepuasan :')

    BalasHapus

Posting Komentar