tehfira.my.id

4 Tempat Wisata di Jampang Tengah yang Menuai Pesona

Ngomongin tempat wisata di Jampangtengah. Satu daerah dekat kota Sukabumi ini emang jarang banget ter ekspos ya. Orang tahu Sukabumi itu Palabuhanratu, Geopark, Jembatan Gantung terpanjang se Asia dan wisata populer sukabumi lainnya. Nah! Kali ini, aku akan coba nih ulas tempat wisata di sana. Kira-kira bagaimana ya...

Kenalan dulu dengan beberapa tempat wisata di Jampangtengah, yuk. Salah satu listnya ada yang deket rumah aku banget..


Situ Cipiit.


Sebuah telaga yang terletak di Kp. Rawaseel Desa Tanjungsari Kecamatan Jampangtengah ini menjadi spot wisata yang indah hingga menarik perhatian dari berbagai daerah.


Ketika memasuki wana wisata situ cipiit, kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa menakjubkan, dimulai dari pohon pinus yang berjejer rapi menjadi pemagar kawasan wisata.


Setelah kita melewati barisan pohon pinus yang menyegarkan mata, kita akan menemukan gerbang masuk, lalu objek utama di wana wisata ini akan nampak memukau apalagi di barengi semilir angin yang berhembus.


Air telaga yang terletak di tengah-tengah deretan pohon pinus beriak merdu, syahdu, dan tentunya mengundang rindu. Ah, pokonya amazing banget. 


Kebanyakan objek wisata yang paling di cari oleh penikmatnya saat ini adalah spot yang menarik untuk dipublish ke media sosial. Keunikan yang dijadikan patokan menjadi pelengkap keindaha sebuah wana wisata.


Nah, sobat di sini wana wisata situ cipiit bisa ngasih jawaban. tempatnya di jamin instagenic banget, dijamin.


wana wisata situ Cipiit, hanya dengan meronggoh kocek sebesar Rp.5000 saja, kita udah bisa nikmatin telaga di tengah hutan pinus yang sejuk sepuasnya.Tanpa dibatas waktu, mau dari pagi sampe sore atu sampe malem terserah.


Kamu juga bisa berkemah di sana juga lho, karena tempatnya tuh indah dan nyaman banget hanya di pungut biaya Rp. 120.000 udah plus sewa tenda kapasitas lima orang dan alat masak. Asyik banget kan?


Terus, kalo mau otw kesana gimana caranya?Akses yang bisa ditempuh untuk sampai di Wana Wisata Situ Cipiit sangatlah mudah karena tidak jauh dari pusat Kota Sukabumi.


Sekitar 50 menit dari pusat Kota Sukabumi, ke arah selatan masuk ke Jl. Pelabuhan II, kemudian masuk ke jalur arah panggeleseran. Nah nanti ada tulisan arah menuju situ cipiit. Atau kalo masih dirasa ribet, tinggal buka google map aja.hhe


oh ya…. satu hal paling menarik lagi dari situ Cipiit adalah. jreng, tempatnya Deket banget sama rumah aku. jadi kalau kamu, dia atau mereka yang mau main ke sini. yuk aaaah. bakakakak ayam kampung siap menemani santap siang di sana. hehe


  1. Bukit Pamancar


Pas baca atau denger kata bukit, inget filmnya Teletubbies nggak siih?


Kalo aku pribadi, iya. Tempat dipsi dan ketiga kawanya main di perbukitan kecil warna hijau.


Bukit ini adanya di daerah selatan Kabupaten Sukabumi. Tepatnya di Desa Jampang Tengah, Kecamatan Jampang Tengah.

Pas kita ada di puncak bukit ini, kita pasti akan mendapatkan surprise keren dari alam langsung berupa pemandangan yang begitu hebat berada di puncak bukit ini sensasinya seakan-akan kita paling tinggi kerana bakal bisa lihat dengajelas pemandangan Gunung Geda den berada di puncak gunung yang tinggi, dari puncak ini terlihat jelas pemandangan Gunung Gede sama Gunung Dalak. uwow Kereen!



  1. Air terjun Cikurutug


Curug Cikurutug terletak di Kampung Cirawa, Desa Nangerang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Suakbumi.

kalo kita pengen kesan cukup menempuh jarak sekitar 7 Kilometer shob, dari pusat pemerintahan Kecamatan Jampang Tengah. Kalo menurut aku pribadi sih ini murah meriah bengat.


Kamu cukup menyediakan cuan sebesar 5000 saja untuk bisa menikmati pesona Curug Cikurutug ini.


Di curug ini kamu bakal bisa seru-seruan bersama keluarga. Selain itu, disini juga terdapat tempat kemping untuk menikmati suasana asri curug yang berada diarea pesawahan dan kebun pinus.


Dikawasan ini juga tersedia spot foto selfi yang sangat menarik lho sobat, Oh ya yang menjadi keunikan dari tempat wisata ini adalah disediakannya permainan tradisional egrang.


Tau kaan apa itu egrang? hhe...


  1. Cartilan Park


Sobat Teh Fira kudu tau wana wisata Cartilan Park adalah wisata alam rintisan yang berlokasi di Jalan Cigombong Kampung Cigombong RT 026 RW 007 Kedusunan Cipancer Desa Bojongjengkol Kecamatan Jampangtengah Kabupaten Sukabumi.


Jarak dari Pusat Kecamatan Jampang tengah sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh 20 menit melalui jalan ruas provinsi arah Surade, untuk menuju lokasi kamu harus memasuki jalan Perkebunan Teh PT. Bantar dan Perum Perhutani melalui pertigaan Baros Cikopi Desa Jampangtengah, akses jalan sudah memadai untuk dilewati kendaraan baik roda dua maupun roda empat. wadah asyek dong!



  1. Wisata Edukasi Lebah


Disini siapa yang nggak suka madu? Kayanya ampir setiap orang suka. 


Selain memiliki rasa manis, tentunya madu pun kaya akan khasiat dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Pemikiran inilah yang terus mendorong salah seorang pemuda  warga Endang Brata Jaya (26 tahun), pemuda Kampung Lembur Situ RT 07/02 Sindangresmi, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, untuk mengembangkan lebah sebagai objek wisata edukasi.


Lahan seluas 2000 meter yang masuk wilayah Blok Saketeng, sudah sekitar tiga bulan dijadikan lokasi wisata edukasi penakaran lebah. Di sana pengunjung dapat melihat secara dekat berbagai jenis lebah. Bahkan, pengunjung juga diperkenankan mencicipi madu di lokasi tersebut.


Katanya sih saat ini sudah ada lebih dari 400 kotak sarang koloni lebah madu, yang terdiri dari 200 kotak lebah trigona dan 200 lebah nyiruan.


Yang bikin lebih seru lagi ternyata di lokasi penakaran lebah itu, terdapat dua curug yakni Curug Saketeng dari aliran Sungai Rancabali dan Curug Katineng dari aliran Sungai Ciasahan. Curug tersebut masing-masing memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan kedalaman yang bervariasi.


Akses jalan menuju lokasi cukup baik. Patokan lokasi tersebut adalah Curug Pareang. Sebab Curug Pareang masih berada di kawasan dua curug itu.


Dari Jalan Raya Panggeleseran Jampang Tengah, pengunjung dapat menempuh jarak sekitar 5 hingga 6 kilometer, lalu kemudian memasuki jalan desa yang telah diaspal.


Nah itu dia sobat, beberapa spot wisata yang ada di Jampangtengah. Meskipun wilayah yang terletak agak jauh dari pusat kota tapi setelah kita tau banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, pasti jauhnya nggak akan terlalu kerasa kok.


Semoga bermanfaat ya sobat!


Related Posts

There is no other posts in this category.

2 komentar

  1. Liburan back yo nature emang jadi solusi buat healing ya mba.. Nice posting :)

    BalasHapus
  2. Liburan sambil melepas penat nonton pemandangan alam tuh emang the best ya mom, apalagi ada edukasinya macam edukasi lebah, pulangnya bawa oleh-oleh deh wkw ..:D

    BalasHapus

Posting Komentar