tehfira.my.id

Mensucikan Diri Dengan Wudhu




Salah satu cara kita menyucikan diri dari hadast adalah dengan cara berwuhdu. Iya, wudhu adalah cara yang di syareatkan dalam islam untuk menyucikan diri ketika akan melaksanakan ibadah-ibadah tertentu seperti shalat atau thawaf dan juga pekerjaan yang mengharuskan kita bersuci telebih dahulu sebelum melakukan perkerjaan tersebut seperti akan membawa al-Qu’an. Ini merupakan salah satu bentuk kedisiplinan yang diterapkan islam agar senantiasa berada dalam aktivitas yang teratur.

Ketika kita memiliki hadast, maka ada dua hal yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan hadast tersebut yaitu bisa dengan cara berwudu atau dengan cara mandi zunub (mandi besar) tergantung pada kategori besar atau kecil hadast tersebut, jika kita memiliki hadast kecil maka bisa kita sucikan dengan cara berwudu saja, dan ketika memilki hadast yang terkategori besar, maka kita harus menyucikannya dengan cara mandi besar . karena di lihat dari pengertian hadast itu sendiri adalah keadaan tidak suci pada diri seseorang, sehingga kita  sebagai seorang muslim haruslah senantiasa berusaha dalam keadaan suci (bersih) seperti hal nya Islam itu sendiri.

Agar wudu kita tidak sia-sia bahkan sampai menyebabkan ibadah kita gak sah, maka kita harus mengethaui apa-apa saja yang menyebabkan wudu kita juga sah. Dari mulai pengertian wudu itu apa, bagaimana syarat sah nya, apa saj yang termasuk rukun nya, sampai ke sunah-sunah yang bisa kita laksanakan dalam wudu tersebut .



pertama, kita harus tahu yang di maksud dengan wudu adalah membasuh anggota badan tertentu menggunakan air dengan tujuan untuk mensucikan diri dari hadast kecilsehingga kita bisa melaksanakan ibadah tertentu seperti shalat contohnya. Shalat kita tidak akan sah kalau tidak wudu terlebih dahulu karena wudu meruoakan syarat sah nya shalat.

Syarat sah wudhu adalah;

  •  Beragama Islam 
  •  Mumayiz (bukan anak kecil yang belum baligh)
  • Tidak sedang berhadast besar
  • Menggunakan air yang suci dan mensucikan
  • Tidak ada yang menghalangi untuk sampai nya air kekulit yang yang harus terkena air wudhu


Nah, apanila syarat-syarat sah wudu sudah terlaksana maka hal berikutnya yang harus kita pahami adalah rukun wudu.

Dan untuk pembahasan rukun wudu ini, akan saya tulis di konten berikutnya.
Semoga bermanfaat.

#ODOPBACTH7
#KMPBACTH2







Related Posts

There is no other posts in this category.

1 komentar

Posting Komentar