tehfira.my.id

2022 Teh Fira Sukses jadi Blogger dengan Content Plan, Aaamiiin

Judul di atas sengaja ditulis supaya para pembaca mengaminkan. Hehe, gppa kali ya minta doa tapi dengan cara nggak biasa. Yap! Teh dita ingin sukses jadi blogger dengan content plan. 

Baru kenal dengan content plan itu kemarin pas ada materi di blogspedia coaching 2, namun akhirnya ternyata materi itulah yang membangkitkan semangat ngeblog. Duh gimana ya. Aku nggak salah banget masuk kelas. 

FYI... Biasanya tuh aku jarang banget bertahan di tantangan grup nulis dalam waktu yang cukup lama. Kalau nggak di tengah jalan, ya di awal atau mau akhir udah mundur duluan. Segala hal tentang kesibukan selalu menjadi alasan utama aku nggak bisa nulis konsisten. 

Aku beralasan. Banyak banget alasannya. Niat jadi penulis atau blogger beneran eh selalu kandas di perjalanan. Tapi semenjak ikut blogspedia, aku ternyata mampu bertahan sampai mau akhir nih. Hmmm ada aja alasan mepet-mepet deadline ngejar tulisan biar bisa diluluskan. 

Ternyata ada rumus luar biasa yang bisa bikin kita lebih konsisten dalam menulis. Nantinya nggak ada lagi alasan sibuk kerjaan, sibuk aktivitas lainnya. Nggak ada lagi tu alasan block writer, bingung mau nulis apa. Soalnya udah ada rumus keren bernama content plan. 

Sebagai seorang pemimpi, aku pengen banget jadi blogger profesional. Mengerjakan berbagai tugas yang memang dikerjakan oleh seorang blogger professional. 

Content Plan Blog - Bikin Tulisan Ribet jadi Mudah


Apa itu content Plan


Di kelasnya mbak marita, Blogspedia Coaching Batch 2, aku diajak kenalan dengan content Plan. Sebuah formula khusus yang bisa membuat seorang blogger konsisten memproduksi konten. Lalu selanjutnya ia dapat didapuk menjadi seorang blogger profesional, lalu dapet uang dari blog. Hehe

Content plan adalah rencana konten! Setidaknya pengertian itu bisa kita kantongi setelah mengartikannya kedalam bahasa Indonesia. Hehe

Lebih jelas lagi, Content Plan adalah rencana menulis kontent di blog. Wujudnya bisa kertas kerja apa tentang konten apa saja yang akan kita produksi di blog selama periode waktu tertentu. Di kelas, mbak marita membagi content plan menjadi 4 waktu. Ada yang tahunan, bulanan, mingguan sampai harian.

Kok seribet itu? Tadinya aku juga beranggapan begitu. Tapi setelah tahu manfaat si Cepe ini., aku jadi merasa kalau si Cepe ini sangat harus dipelajari. 

Content Plan Tahunan


Ada pertanyaan begini, tahun depan kamu mau blog kamu berubah seperti apa? Sekedar nulis doang atau ada keinginan khusus yang ingin dicapai? Ya kalau di blog, nulis doang mah sayang. Karena ada banyak sekali potensi yang bisa didapatkan setelah jadi blogger profesional. Salah satunya adalah uang tambahan untuk beli skincare. Begitulah pertanyaan dan pernyataan sang suami kepadaku. Hehe

Nyambung dengan ilmunya mbak Marita, aku jadi asa dibuka pikirannya bahwa emang ngeblog itu harus ada tujuan. Apalagi setelah sebelumnya n belajar tentang personal branding kan. 

Yaudah deh. Bikin deh tuh goal yang ingin dicapai Teh Fira di tahun 2022

Goal Teh Fira Personal Blogger di tahun 2022


Sang Pemimpi ini mencoba mendefinisikan blogger professional menjadi 5 goal yang berbeda. Tujuannya ya bisa jadi blogger beneran. Bukan blogger yang nulis kalau ada mood sama tugas aja. Hehehe. 

‌1. konsisten menyelesaikan conten plan blog


Ini dibuat karena harus diselesaikan. Bukan seperti aturan onoh yang diciptakan karena untuk dilanggar ya. Nanti akan dibuatkan daftar conten mulai dari harian sampai bulanan. Di akhir bulan di evaluasi deh tuh hasilnya gimana. Terapkan di bulan berikutnya. 

Nanti di akhir tahun bikin lagi goal. Buat tahun baru. Hehe

2. ‌trafik organik ada tiap bulan


Awal ngeblog sih biar buat lancar nulis, biar ada pelampiasan nulis, biar tenang hati dan sederet alasan yang sebetulnya nggak ada hubungan sama sekali dengan trafic. 

Setelah sanlat bareng blogspedia, aku jadi tertarik sekalian buat mendatangkan banyak pengunjung ke blog. Biar tulisan lebih banyak manfaatnya, biar bisa juga dijadikan ladang usaha. Hehe. Emak emak lah ya maklum. 

Trafic organik ini sangat spesial buat aku. Karena orang berkunjung ke blog tanpa harus aku minta. Dia nyari yang dia mau, terus ketemu sama tulisan aku. Aaaah senangnya. 
Senatural lagunya Demasiv . Hehe

‌3. naikkin DA PA DR


Da Pa ini sebetulnya masih asing buat aku. Yang kytahu kalau semakin da nya naik. semakin gampang juga dapet uang di blog. Jadi di tahun 2022 aku akan coba ukik dan belajar tentang da pa supaya bisa dapet job. Hehe. 

Awalnya disinggung masalah ini pas ngobrol pillow talk sama suami. Dia dapet job dari CP kan tuh. Salah satu penilaian biar lolos ya minimal punya DA PA sekian. 

So jadi ini semangat dan target juga buat aku. Biar nanti bisa dapet job dan keakui sebagai blogger profesional. Hehe

4‌. dapet content placement


Naaaah…nyambung dari atas nih. Da pa naik, aku punya target biar dapet content placement sebanyak mungkin. 

Meski aku tahu dapetin ini pasti nggak mudah. Tapi bersama blogspedia, alumni dan Mbak marita yang baiknya kebangetan. Aku sih yakin bisa mencapai ini. Lah wong beberapa bulan lalu aku masih cupu banget. Gatau apa-apa soal ngotak-ngatik blog 

‌memenangkan lomba blog


Last but not least. Apasih? Hehe. 

Pengen banget di tahun 2022 nekat nyemplung bareng blogger lain berebut juara lomba blog. Apa pun mau aku coba deh biar dapet pengalaman banyak. Siapa tahu dari sekian kali percobaan, sekian kali itu juga juara kan. 

Nah itulah Conten Plan tahunan aku. Bisa dibilang gitu kan ya? Hehe. 

Conten Plan Bulanan


Selain conten Plan tahunan, ada jga dong yang bulanan. Cuman belum aku buat nih. Tapi dah ada ancang ancang kalau tiap bulan mau mix conten berdasarkan label yang pernah dibuat. 

Plan bulanan ini mau aku matangkan lagi. Intinya setiap bulan harus ada plan mau mencapai apa, terus opstimasinya kayak gimana. Terus lagi mau bikin konten apa aja. Lebih spesifik lagi bakal di hahas di conten plan mingguan. 

Conten plan mingguan. 

Sama pengertian, beda periode waktu aja. Dari tahunan sampai sekarang mingguan. Oh ya, buat seminggu ke depan, aku dah bikin planning nih.

Content Plan 30 - 4 September
‌30 - Tips Belajar Biologi
‌31 - tempat wisata jampang tengah
‌1 - tempat makan cicurug
‌2 - pillow talk dengan suami
‌3 - ngeblog bareng pasangan 
‌4 - Blogspedia Coaching


Manfaat yang bisa didapatkan

Nggak ada alasan buat nggak  bisa berkembang menjadi blohher

Related Posts

8 komentar

  1. sama Mbak... saya juga betah banget sama blogspedia. Mbak Marita sangat menguasai materi, sehingga ngajarin kita kayak air yang mengalir...

    BalasHapus
  2. Sayang buat dilewatin ya mba materi2 blogspedia ini

    BalasHapus
  3. Saya juga kadang susah konsisten, Mom :')
    untungnya diajar oleh Kak Marita dan dipertemukan dengan teman-teman blogspedia batch 2 yang bisa menyeret saya dari kemalasan ehehe ..
    semangat untuk konten selanjutnya ya Mom, aku menantikan apalagi yang tempat wisata itu, siapa tahu bisa jadi wish list main, hihi :D

    BalasHapus
  4. wah keren banget plannya, semangat mb! jangan menyeraaaah! smeoga semua dilancarkan yaaa..

    BalasHapus
  5. Bekh ngeri mba.. Plan nya, bikin ngiler hihihi

    BalasHapus
  6. Judulnya out of the box alias kece banget mbaaaaa ;)

    Semoga goalsnya terwujud ya ;) aamiin. Judul adalah do'a,aamiin paling serius...

    BalasHapus
  7. Teh fira semangaat. Semoga segala planningnya di ijabah ya.. Seneng baca tulisan ini, jadi ikut termotivasi

    BalasHapus
  8. Wih ada review tempat wisata di Jampang Tengah ...

    BalasHapus

Posting Komentar