tehfira.my.id

Sunah wudhu






Setelah di tulisan-tulisa yang akhir-akhir ini saya posting mengenai pembahasan wudu, kali ini saya akan mencoba mengupas bagian tentang sunah-sunah dalam berwudu. Ada apa sajakah yang termasuk kedalam sunah-sunah wudu ?

Yang dimaksud dengan sunah itu sendiri merupakan salah satu di antara hukum syara dalam islam, yaitu pengkategorian atau pekerjaan yang apabila di laksanakan akan mendapat pahala dan apabila di tinggalkan tidak akan mendapat siksa. Berbeda dengan pekerjaan yang di hukumi wajib, yaitu apabila kita mengerjakan pekerjaan itu akan mendapatkan pahala dan apabila tidak mengerjakannya akan mendapati siksa.

Sunah wudu yaitu :
1. Membaca basmalah
Setiap kali kita akan melakukan perbuatan baik, alangkah lebih pantas nya kita senantiasa mengawali nya dengan membaca basmalah, karena dalam bacaan basmalah tersebut mengandung makna yang sangat luar bisa dan bisa selalu mengingatkan kita bahwa apapun yang kita kerjakan adalah semata-mata karena Alloh SWT
2. Membasuh kedua telapak tangan hingga pergelangan tangan
Kalau pada rukun wudhu ada bahasan tentang membasuh tangan. Namun batasan membasuh disana adalah sampai siku, dan itu wajib hukumnya (karena termasuk kedalam rukun wudhu). disini hanya di sebutkan membasuh kedua telapak tangan sampai pergelangan tangan saja dan di lakukan setelah membaca basmallah, sebelum masuk kedalam inti dari peraktek wudhu tersebut.
3. Berkumur-kumur

4. Memasukkan air kedalam lubang hidung
Yang di maksud memasukan air kedalam lubang hidung adalah membasuh area lubang hindung yang masih terjangkau dengan basuhan air

5. Menyela-nyela jenggot yang tebal
Ini berlaku bagi laki-laki yang berjenggot dan tebal.

6. Membasuh dua daun telinga
Membasuh dua daun telinga merupakan sunah wudhu. Jadi apabila kita melaksanakan, kita akan mendapat pahala dan ketika tidak di laksanakan pun tidak apa-apa, wudhu nya tetap sah.

7. Menyela-nyela jari tangan atau jari-jari kaki
Agar wudhu kita lebih sempurana maka kita di sunahkan untuk menyela-nyela jari baik jari tangan maupun jari kaki

8. Mendahulukan anggota wadhu yang kanan daripada yang kiri

9. Membasuh atau mengusap setiap anggota wudhu sebanyak 3 kali

10. Membaca do’a setelah berwudhu

11. Menggunakan air wudhu dengan hemat

Nah itu dia sunah-sunah wudhu yang bisa kita amalkan di setiap kita melaksanakan bersuci dengan wudhu. Hendaknya kita berwudhu bukan hanya akan melaksanakn shalat saja. Tetapi alangkah lebih baik nya jika setiap kita akan meaksanakn aktifitras sehari-sehari pun kita tidak luput untuk mendawamkan wudhu.


#ODOPBACHT7
#KMP2


Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar