tehfira.my.id

Penjelasan Cabang Biologi Part 2

Seperti yang sudah saya sampaikan di tulisan sebelumnya, kali ini saya akan melanjutkan pembahasan mengenai cabangnya ilmu biologi.
Tinggal kita lanjutkan, sebelumnya baru sampai fisiologi? Yup,Lanjut!!!
Jangan lupa baca basmalah sebelum baca, biar masuk dan mengakar di dalam otak.

6. Anatomi
Anatomi sangat penting untuk dipelajari dalam dunia kedokteran. Pada ilmu ini, kamu dapat mempelajari struktur dalam tubuh. Sangat menarik, jika sebelumnya kita tidak tahu menahu bagaiman kondisi organ-organ dalam kita, bagaimana susunannya, bagaimana warna atau bentuknya, dengan mempelajari ilmu tanah satu ini kita pasti bakalan tahu bahkan kita akan lebih bersyukur di buatnya. Sebagai contoh,  jika kita memperhatikan struktur lidah, pasti kita akan melihat tonjolan-tonjolan halus yang ada di permukaan lidah. Nah itu di sebutnya  papila. Lalu, apa sih fungsi papila? Seperti apa struktur lidah kita sebenarnya? Nah, semua itu akan dikupas tuntas dalam ilmu ini.

7.Ekologi
 Bagiamana mungkin kita bisa melepaskan diri dari makhluk hidup yang lain atau bahkan kita tidak bisa melepaskan diri dari makhluk non hidup. Mau tidak mau, suka atau tidak suka, interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya harus tetap ada jika kehidupan normal ingin tetap berjalan normal.
 Contoh, kita bernapas saja membutuhkan oksigen. Oksigen ini merupakan material non hidup ynag tidak bisa kita tinggalkan. Bisa di bayangkan kalau satu jam saja kita tanpa oksigen, ya kan? Mati lah kita.
 Ini merupakan bukti bahwa kita manusia sebagaimana salah satu makhluk hidup membutuhkna mahluk yang lain. Meskipun makhluk non hidup!
 Bagiamana interaksi kita dengan sesama mahkluk hidup, contoh manusia dengan manusia lagi, manusia dengna hewan, atau manusia dengan tumbuhan. Tentu tidak akan juga bisa terpisahkan..kita butuh mereka, mereka juga butuh kita.
 Interaksi-interaksi ini di kupas tuntas dalam ekologi.
 

8.Taksonomi
Pada ilmu Taksonomi, kamu bakal belajar tentang cara mengklasifikasikan makhluk hidup di muka bumi ini.Penggolongan ini tidak dilakukan secara sembarangan lho, melainkan didasarkan pada hierarki atau tingkatan tertentuu. Bisa di bayangkan jika untuk mengetahui aneka ragam kaseluruhan makhluk hidup yang ada di dunia ini tidak menggunakan pengelompokan secara khusus dan terperinci, pasti bakalan ribet banget untuk mempelajari nya.
Ada tujuh urutan hierarki ynag seringkali di pakai untuk mengklasifikasikan makhluk hidup, yaitu:
a. Kingdom
b. Filum(hewan) divisio (tumbuhan)
c.kelas
d.Famili
e.ordo
f.genus
h.spesies
Pokoknya seru kalau sudah bahas tentang klasifikasi makhluk hidup.

9. Zoologi

Jika dalam ilmu Sosial kalian belajar mengenai perilaku manusia, maka di cabang ilmu biologi ini kamu dapat mempelajari tentang klasifikasi serta perilaku hewan. Mkain seru kan belajar biologi?

10.Botani
Botani merupakan salah satu cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang tumbuhan meliputi jenis, struktur, persebaran, dan klasifikasinya. Ilmu ini sangat berguna dalam dunia pertanian lho karena kita dapat mengetahui karakteristik dari berbagai macam jenis tumbuhan.

11.Evolusi
Mendengar kata evolusi, apakah kamu teringat dengan Bapak Teori Evolusi yaitu Charles Darwin? Ternyata, Evolusi termasuk kedalam cabang ilmu biologi juga, lho. Pastinya, ilmu ini menjadi salah satu materi yang paling menarik untuk dipelajari karena membahas tentang perubahan makhluk hidup dari generasi ke generasi.

12. Mikrobiologi
Mikrobiologi adalah cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang mikroorganisme, seperti bakteri, protozoa, fungi, alga mikroskopik, dan archaea. Dalam mempelajari ilmu ini, kamu akan menggunakan mikroskop karena objek yang diamati berukuran sangat kecil. Hayo, ada yang sudah pernah pakai mikroskop? 

13.Botani
Botani merupakan salah satu cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang tumbuhan meliputi jenis, struktur, persebaran, dan klasifikasinya. Ilmu ini sangat berguna dalam dunia pertanian lho karena kita dapat mengetahui karakteristik dari berbagai macam jenis tumbuhan.
Baru sampai di urutan ke 13. Sisanya kita bahas di postingan selanjutnya. Biar gak bosen bacanya!he

Related Posts

Posting Komentar