tehfira.my.id

Pembahasan Cabang Ilmu Biologi

Di tulisan yang sebelumnya, saya hanya mencantumkan garis besar dari cabang-cabang ilmu biologi.

Nah kali ini saya akan mencoba menjabarkan sedikit saja prihal ilmu-ilmu yang merupakan bagian dari ilmu hidup. Bagaimana penjelasannya, yuk di simak. Mudah-mudahan Alloh SWT melimpahkan kepahaman untuk kita semua yang membaca.

1.Genetika
Pada cabang ilmu biologi ini, kamu akan mempelajari tentang gen, materi genetik (DNA dan RNA), dan pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya serta persilangan gen. Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya kenapa warna kulitmu bisa sama dengan warna kulit ibumu? Atau hidungmu kurang mancung seperti ayahmu? Atau bahkan kamu punya pertanyaan "benarkah saya ini anak asli dari kedua orang tuaku?" Hmm, dengan mempelajari ilmu ini, kamu bisa menemukan jawabannya.

2. Sitologi

Pada ilmu sitologi, kamu dapat mempelajari unit struktural dan fungsi terkecil dalam tubuh makhluk hidup. Apakah itu? Yup! Itu adalah sel. Mulai dari struktur dan organel sel, pembelahan sel, interaksi antar sel, daur hidup sel, hingga kematian sel semua dibahas dalam ilmu ini. Gimana, seru kan?

3.Histologi 

Adalah ilmu yang mempelajari tentang jaringan pada makhluk hidup, masih ingat kan jaringan? seperti jaringan epitelium, jaringan pengikat, jaringan penyokong, jaringan saraf, dan masih banyak lagi. Nah, bagi kamu yang ingin masuk jurusan kedokteran, ilmu ini sangat wajib di pahami dan akan sangat bermanfaat.

4. Morfologi
 Dalam morfologi kamu akan mempelajari tentang struktur tubuh luar dari makhluk hidup. Kamu penasaran nggak sih kenapa bentuk ikan sangat bermacam-macam? Kenapa di telapak kaki kucing terdapat bantalan yang berwarna pink? atau apa sih yang menyebabkan paruh dan kaki burung memiliki bentuk yang berbeda-beda? Rasa penasaran kalian akna terjawab oleh ilmu ini.

5.Fisiologi
Pada ilmu Fisiologi, kamu akan belajar tentang struktur bagian dalam makhluk hidup baik dari anatomi maupun morfologi. Pernahkah kalian mendengar tentang fisioterapi? Fisioterapi juga bagian dari Fisiologi, lho! Hayo, ada yang tahu kalau fisioterapi itu buat mengobati apa?

Segitu dulu yah sobat, tidak apa-apa sedikit-sedikit asalkan lama-lama menjadi bukit. Yaang penting, bisa di pahami dan di amalkan.

Related Posts

Posting Komentar