tehfira.my.id

6 Tips Mencintai Biologi Ala Teh Fira


Ternyata ada tips bagaimana caranya biar kamu yang awalnya tidak suka Biologi bakal jadi suka bahkan sayang dan mencinta Biologi

Bagaimana caranya supaya kita mencintai biologi?


yuk siapkan tempat yang nyaman buat nyimak beberapa tips yang bakal teh Fira bagikan.

Sebelumnya, teh Fira mau tanya dulu nih. 

Kamu yang sedang baca ini anak IPA bukan?

Atau sekarang udah jadi mantan anak IPA?

Atau bisa jadi sekarang lagi bercita-cita kalo SMA nanti bakal ngambil jurusan IPA?

Lha, kenapa disini yang ditanyakan anak IPA doang, IPS nya nggak?

Nah, iya kan. Emang biasanya warga IPA tuh pasti bakal ngasih perhatian lebih buat mapel yang satu ini. Karena termasuk kedalam satu mapel yang satu rumpun, selain fisika dan kimia.

Dan lagi bagi kamu yang mengalami gejala susah ngitung atau kesulitan mecahin suatu rumus, biologi ini bisa jadi solusinya! Syarat utamanya kamu harus punya rasa cinta dulu ke mapel ini.


Mencintai itu gak melulu soal pria dan wanita atau sebaliknya. Cinta kita ke mahklukhidup yang lain juga perlu ditumbuhkan juga. Bagaimana caranya? 


Ada cara simpel biar kita bisa cinta pada mahklukhidup lain kaya misalkan hewan, tumbuhan, virus, protista, dan monera.

Disini teh Fira bakal coba kasih beberapa tips atau cara biar kamu suka bahkan cinta sama biologi..Yups langsung aja Jangan kebanyakan basa basi kita chekidot:


6 Tips Mencintai Biologi ala Teh Fira

Kalau kita udah punya rasa cinta biasanya dengan sendirinya bakal tumbuh rasa nyaman, aman dan senang. begitupun di momen saat kamu belajar. biologi khususnya..
yuuuk capcuss….

Niatkan karena Allah


"Innamal a'malu binniat" amal itu tergantung pada niat. oke oke… semoga sobat teh Fira paham ini, karena belajar merupakan salah satu amal baik juga ya kan sobat?.

sejak pertama kenalan sama biologi, hendaknya kita udah tanem niat hanya untuk mencapai ridho Allah SWT. Bukan dengan niatan yang lain, misalnya pengen dibilang keren sama orang lain, pengen dibilang pinter bidang biologinya, atau Bahakan pengen bikin sesuatu yang melanggar aturan contoh nyiptain Rekayasa genetika yang merugikan. hhe...Naudzubillah.

Mempelajari seluk beluk kehidupan yang nggak lain adalah makhluk atau ciptaan sang maha pencipta akan lebih berfaedah dan manfaatnya berlipat ganda jika menjadikan biologi sebagai jembatan kita berbakti kepada yang menciptakan langsung disiplin ilmu keilmuan ini.

Kenalan


"tak kenal maka tak sayang" Nah ini sih pepatah yang cocok banget untuk mengawali tips yang satu ini. Kalau kita nggak kenal gimana mau sayang dan cinta. Makanya kalo kita mau sayang sama biologi, pertama kita harus kenal dulu dengan cara mencari tau apa sih biologi, ruang lingkupnya sampe mana, apa aja yang dipelajari, manfaat buat kita dari belajar biologi itu biar apa. 


Setelah kita tau dan kenal, insyaallah kita bakal ngerasa mudah dan nyaman belajar biologi.


Jangan pernah putus asa


Setelah kamu kenal dan mulai nyaman lalu mendalami biologi, tetiba kamu menemukan kekecewaan baik itu karena persoalan materi yang sulit dipecahkan atau banyak banget kata yang harus kamu hapal, satu hal yang harus kamu pegang teguh yaitu jangan pernah putus asa. Terus berusaha dan jangan menyerah lantas meninggalkan biologi begitu saja. uwooow tidaak!

Istiqomah


Kita udah kenalan, udah mempertahankan, masa iya mau meninggalkan. Sayang dong ya dengan ilmu yang udah susah-susah kita tanam dalam diri kita lantas karena enggak Istiqomah kita pindah ke lain hati. upps, lain bidang maksudnya.

Fokus


Udah bisa Istiqomah dan setia di biologi. konsistennya juga udah mantep tinggal kita menetapkan fokus kita. nggak ngelirik-lirik yang lain lagi. meskipun dalam ilmu pengetahuan kita enggak diperkenankan buat stay di satu bidang ilmu aja kan yah. Kita juga perlu ilmu-ilmu lain, apalagi ilmu agama yang langsung dipakai dalam kehidupan sehari-hari.


Maksud disini fokus tuh ya kita tetap menjaga untuk mencinta dan ngasih perhatian lebih buat biologi. Fokus juga kemanfaat yang bakal kita raih jika kita mendalami dan mempelajarinya.


Taklukan Istilah rumit


Hampir semua yang belajar biologi, keluhan terbesarnya pasti ketika ketemu sama kata-kata dan istilah yang rumit. Hal wajar sih sebenarnya, karena emanga kata-kata dan istilah yang digunakan Biologi itu kebanyakan pake bahasa latin. 

Tapi kendala ini bukan berarti nggak bisa diatasi kok sobat,setiap kata yang kita temui di materi biologi biasanya pasti ada suku kata awal dan suku kata akhir.

Nah, biar kita mudah memahami kata atau istilah-istilahnya kita pahami awalan kata dan akhirannya secara terpisah. Misalnya: Glukosa yang berasal dari kata "gluk" artinya manis dan "Osa" artinya gula. maka ketika kita nemuin kata-kata yang mirip atau ada "Osa" nya bisa dipastikan istilah itu adalah bagian dari glukosa. Seperti maltosa, sukrosa, laktosa.

Naah, gimana sobat? lumayan solutif lah ya. Setelah kita punya solusi atas keresahan ini biasanya semangat kita bakal membara kembali.

Naah...itu tadi beberapa tips yang Teh Fira bagikan ke kalian sobat, dijamin Insya Allah tips ini bakalan manjur jika di pergunakan sesuai dosis dan kegunaannya.hhe

Kenapa yakin banget bisa manjur? Karena tips ini asli dari pengalam pribadi.

Semoga Bermanfaat ya sobat!














Related Posts

There is no other posts in this category.

1 komentar

  1. Aku anak IPS btw mom :D tapi seneng kalo belajar IPA, apalagi Biologi dan Kimia, asik aja gitu :D btw tips ini kayaknya bisa diimplementasi ke banyak pelajaran Mom :D langsung eksekusi ah, terima kasih infonya Mom Fira :D

    BalasHapus

Posting Komentar