tehfira.my.id

7 Benefit Google Search Console yang Bisa Kita Rasakan Setelah Menggunakannya


Belajar Google Search Console yuk, 

Google Search Console atau yang lebih singkat sering disebut GSC ini bisa bikin tulisan di blog kamu bisa di indeks oleh google loh. selain itu juga bisa kamu gunakan untuk mengevaluasi trafik di sana. Wah, seneng dong ya tulisan kita bisa langsung diindesk google, emang apa benefit google search console? intip yuk.

GSC itu emang wajib dimiliki sih. apalagi untuk kamu blogger pemula yang ingin terjun langsung menjadi blogger profesional (kalau aku masih otewe ya, hehe). Dari pada penasaran, mending kita kupas aja yuk sekalian. kebetulan aku juga lagi lapar. hehe


Belajar Google Search console, Gerbang tulisan eksis di google.

Tadinya aku nggak tahu kalau setiap tulisan yang ada di google itu, ada proses sedemikian rupa sebelumnya supaya bisa tampil di halaman google. kirain cuman nulis di blog aja udah bisa langsung terbaca di mesin pencari, eh ternyata nggak begitu prosesnya.

Ketika udah kenalan dengan GSc di kelas Blogspedia coaching batch 2, baru deh tuh aku bisa tahu gimana caranya.

Kamu yang ingin tahu juga gimana caranya, yuk nanti ikutan blogspedia coaching batch selanjutnya.. hehe itu juga kalau Mbak marita masih membuka ya. pokoknya aku merasa beruntung bisa masuk kelas ini, nanti kalau ada pendaftaran member baru, aku bakal kasih tau deh ya...

Sebelum bernama GSC, tools keren yang satu ini dulunya bernama google webmaster tools. setiap orang bisa mengaksesnya dengan gratis tanpa mengeluarkan biya sepeserpun (bohong ya, kecuali kamu ikut wifi orang tanpa bayar. wkwkw).


7 Benefit Google Search Console yang Bisa Kita Rasakan Setelah Menggunakannya

Di antara banyak manfaat yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan pengunjung di blog atau website adalah sebagai berikut.


Menemukan Kata Kunci/Keyword yang Populer di Blog Kita

Dengan tools keren dari google ini, (nantinya) aku jadi bisa melihat apa yang banyak orang cari dari blog aku. Mulai kenal deh kan orang-orang banyak berkunjung ke blog karna kata kunci yang mana. 

Sekarang sih masih belum keliaatan emang, tapi lewat Impression dari GSC, nanti kita bisa melihat kata kunci populer yang orang cari dari blog kita. Keren pisan kan.


Mengetahui Halaman Kita yang Paling Sering Dicari Pengunjung

Kalau di atas, lewat Impression kita bisa melihat kata kunci populer, masih dengan impression juga, terus di tambah dengan click through rate (ctR) kita bisa melihat atau mengetahui halaman dari blog kita yang sering dicari pengunjung.

Kalau tahu yang sering dicari tentang pendidikan misal ketimbang tentang curhat, ya berarti label pendidikan nanti bisa aku maksimalkan. Begitu.


Di mana Datangnya Para Pengunjung Itu?

Benefit google search console selanjutnya yang bisa kita dapatkan adalah mengetahui asal datangnya pengunjung. Pada menu Audiens di GSC, kita bisa tuh nyari pengunjung yang datang ke blog dari mana aja. Misal, tadi kan dah lihat halaman yang sering dilihat dari Impression dan CTR, langsung lihat Audiens, kita juga bisa lihat dari mana pengunjung itu berasal,

Mengetahui dari mana datangnya para pengunjung ini lumayan peting. Kalau dah tahu, nanti kita bisa maksimalkan bikin kontennya (walaupun sebetulnya aku juga masih belajar) hehe


Pakai Apa Mereka Berkunjung ke Blog Kita

Jaman sekarang, memang lebih banyak orang menggunakan hape ketimbang perangkat lain untuk membaca. Meski aku bersyukur masih banyak juga sih yang baca pakai buku. Tapi di beberapa waktu, sumber bacaan seperti berita hangat lebih asyik dilihat dari gawai.

Oh ya, masih Gsc nih, kita juga bisa loh lihat para pengunjung yang datang ke blog kita sebetulnya pakai perangkat apa. Dari mobile kah atau dari dekstop. Tergantung apa yang dicari di blog kita.

Yang aku tahu dengan mengetahui hal ini, kita pas monestasi blog nantinya lebih enak. Karena udah tahu mayoritas pembaca datang dari perangkat apa.

Atau bisa juga tuh, mengidentifikasi kenapa perangkat anu jarang sekali yang lihat. Apakah ada yang salah dengan konten atau tampilan blognya. Kan begitu ya


Mencari Backlink dari Orang Lain ke Kita

Link to Your site! Fitur dari google search console yang satu ini nggak kalah keren ternyata. Dia bisa mendeteksi backlink yang terhubung dengan blog kita. Ohya. Backlink itu kayak kita punya halaman, terus si halaman itu diselipkan di satu link di website orang lain.

Ya buat awam sih pasti bingung soal backlink ini ya, aku aja baca-baca lagi sebelum nulis. Jadi nggak sama sekali nggak tahu. Hehe lalu satu hal yang aku tahu dan aku inginkan adalah backlink yang banyak lalu berkualitas akan membuat kualitas blog kita semakin bagus. Tapi ya berbanding lurus dengan konten yang kita publish sih ya. ehehehe


Pamungkas : Submit Sitemap, Submit Artikel

Last but not least. Benefit google search console yang satu ini adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Setahuku ada dua submit yang bisa dilakukan GSC, pertama submit artikel baru supaya lebih cepat di lacak google. Yang kedua adalah subumit sitemap.

Sitemap itu apa sih? Singkatnya site map itu kayak peta yang bisa google baca untuk menemukan halaman-halaman yang ada di blog kita. Kalau sitemap sudah tersubmit dengan baik, google akan secara otomatis melacak setiap halaman yang ada di blog kita. 

Nah, singkatnya sih begitu ya benefit Google Search Console yang bisa kita dapatkan. Soal 

bagaimana cara menambahkan blog atau website ke google search console , dan lebih lengkap soal GSC ini nanti deh aku bahas lagi. Atau lebih baik kalau kamu bisa bergabung sama aku, terus jadi kita. Eh apaan sih. N 




Related Posts

1 komentar

  1. Aku blum mengulik banyak di GSC mbakm harusnya bersemangat y biar eksis di google hehhee


    Mau belajar lagi nih. Semnagat nulis mbak sehat2 y mbak

    BalasHapus

Posting Komentar