tehfira.my.id

7 Tips Menjadikan Anak Cerdas dan Penurut Ala Teh Fira

Bunda pernah merasa jengkel karena sifat anak yang susah diatur? atau mungkin merasa anak kok, sulit berkembang begitu….mau tahu tips menjadikan anak cerdas dan penurut? yuk simak ulasan aku soal tips menjadikan anak cerdas dan penurut.

Sebagai Seorang Ibu….

Sebagai seorang Ibu, mau nggak mau, suka nggak suka wajib harus punya jiwa seni. Termasuk seni mendidik anak. "Ibu adalah sekolah pertama untuk anak-anaknya." Ungkapan itu nggak meleset sedikitpun. alsinya betul demikian adanya. 

Peran sebagai seorang ibu nggak bisa dianggap sepele, bukan sesuatu yang enteng, tapi bukan berarti sesuatu yang menyeramkan untuk dihadapi juga kan? Aku sebagai seorang emak-emak muda, yang baru dikaruniai satu malaikat kecil ngerasa mendapati sesuatu yang super duper menantang banget. Hal yang begitu asing dalam perjalanan hidupku.

Menjadi seorang ibu, berarti harus siap memasuki babak baru dalam kehidupan, sekaligus wajib bisa memecahkan tantangan besar dalam fase ini.


Dari mulai hadirnya si kecil dalam perut pertama kali, merasakan perubahan hormonal yang amazing. mood kita kadang membuat heran sendiri, berubah-ubah begitu saja, bersamaan dengan perut yang semakin membesar hampir semua aktivitas yang dulunya dengan mudah bisa dilakukan tiba-tiba terbatasi.

Setelah si kecil keluar dari perut, tantangan baru dimulai kembali. lebih menantang. bagaimana cara kita mengasuh anak dengan tepat. menjaga dan merawat supaya pertumbuhan dan perkembangannya optimal

Belum lagi, ketika anak mulai masuk usia pendidikan karakter yang menuntut pengetahuan dan ilmu seorang ibu betul-betul dipertaruhkan. Mau dijadikan seperti apa anak kita, mau dibentuk bagaimana anak kita, mau diarahkan kemana. Pas nanti hasilnya, anak menjadi anak yang Sholeh/Sholeha, penurut atau tidak, itu semua tergantung kita sebagai orang tua. Waw menyeramkan yah?

Nggak seseram yang dibayangkan sih sebetulnya, asal kita tekun dan sabar menjalani prosesnya, plus terus semangat untuk belajar insya Allah semuanya akan terasa mudah.

7 Tips Menjadikan Anak Cerdas dan Penurut ala Teh Fira, Simak Yuk

Dari 7 tips yang akan dibeberkan secara gamblang satu per satu, ada pun tips pertama yang cukup penting adalah :

1. Memberikan Contoh dan Teladan

Pernah dong ya kita denger peribahasa seperti ini "Guru kencing berdiri, murid kencing berlari" salah satu ungkapan yang fenomenal ini enggak hanya diterapkan untuk guru dan murid saja. Ternyata pepatah ini sangat cocok dipakai untuk hubungan orang tua dan anak.


Ketika orang tua mengharapkan seorang anak menjadi anak yang baik, dan penurut, makan tugas orang tua adalah memberikan contoh terlebih dahulu. Nantinya anaknya lambat lain akan meniru.

Misalkan kita hendak meminta anak untuk buang sampah pada tong sampah, sebaiknya kita mulai dengan memberikan contoh. Kita ambil sampah di sekitar, kita bawa ke tong sampah sambil ajak-ajak si kecil. atau misal contoh ketika hendak membiasakan salat. 

Kita bawa anak ke tempat shalat, kita kasih lihat ke anak bagaimana wudhu yang benar, memakai pakaian shalat yang benar, shalat yang benar seperti apa. sampai nanti mengajarkan anak berdoa bersama. duh, kok kayaknya mudah banget ya. padahal mah. hehehe

2. Komunikasi

Tips menjadikan anak cerdas dan penurut berikutnya adalah menjalin komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik antara anak dan orang tua sangat penting untuk dijalankan, kenapa?
Karena sepantasnya orang tua jangan sampai hanya ingin didengarkan omongannya saja oleh anak, tapi kita sebagai orang tua juga harus mau mendengarkan anak. 

Dengan begitu, anak akan merasa lebih nyaman dan lebih nurut gak berani ngelawan. Sebagai seorang ayah atau ibu, kita sebetulnya dituntut untuk bersifat bawel. Upayakan untuk terus mengajak anak berbicara, diskusi apapun dengan anak untuk komunikasi yang lebih dekat.


Misalnya ketika kita mengajak anak jalan-jalan, mulai dengan mengajak anak bercerita bahwa kita akan berangkat ke mana, bertemu siapa, lalu di sana mau ngapain aja. lalu di perjalanan kita kasih tahu apa saja yang kita lewati. Pokoknya bawelllll banget deh.

3. Membuat Keputusan

Sebagai orang tua yang bijak, baiknya kita enggak memutuskan segala sesuatu, ataupun aturan hanya karena kehendak sendiri. Tapi juga mempertimbangkan kondisi dan situasi anak kita.

Jangan sampai keputusan kita merugikan anak. Meskipun emang dimana ada sih orang tua ngasih sesuatu yang membahayakan atau merugikan anaknya sendiri. Tapi upayakan untuk bisa juga mengambil sudut pandang anak. Karena keputusan yang dirasa adil untuk anak akan mudah diterima ketimbang yang sebaliknya.

4. Konsisten

Salah satu pola asuh yang keren adalah konsisten. Hal ini akan memberikan rasa nyaman ke anak. Karena anak bakal lebih peka sama apa yang orangtuanya inginkan.

Misalnya, "kalau adek gak mau gosok gigi, ntar mainan nya Bunda sita selama 3 hari ya".
Nah, ini harus berlaku konsisten, jangan sampe hari ini aturannya berlaku, beberapa hari kemudian aturannya kendor, lalu bererapa hari selanjutnya malah gak diberlakukan lagi.hhe
kita sebagai orangtua harus berusaha tegas. jangan sampai plin-plan. biar si anak juga lebih mudah buat disiplin.

5. Berikan alasan

Hati-hati ya Mak, jangan sampe kita melarang-larang anak tapi anak nggak paham kenapa hal itu dilarang. 
artinya setiap kali kita menyampaikan larangan, maka kita juga harus sertakan alasannya kenapa hal itu dilarang.

Misalkan,"Jangan mainin pisau ya, nanti kalau lengah bisa-bisa kamu terluka".

6. Kebebasan dan Tanggung Jawab Seimbang

Kasih pemahaman pada anak, bahwa mereka punya tanggung jawab. Namun kita sebagai orang tua juga harus ngasih panduan.

Bantuan yang kita kasih ke anak atau bahkan tanggung jawab yang dibebankan ke anak tak lain adalah bertujuan supaya masa depan lebih baik.

7. Anak memilih

Anak punya hak untuk memilih, dari mulai hal-hal kecil misalkan mau makan sama apa, atau mau pakai sepatu yang mana. Sampai ke hal yangmemungkin untuk diputuskan dengan menggunakan otoritas anak sebagai pemerannya.

Hal ini insya Allah akan memudahkan anak untuk memilih keputusan tepat dikemukakan hari.

Semoga tips menjadikan anak cerdas dan penurut ala aku ini bisa bermanfaat ya. Sekian dan terimakasih

Related Posts

Posting Komentar