tehfira.my.id

Hijrah dari Reels Instagram ke YouTube, Caraku Menemukan Al Fatihah

 


Me-time with Jognjon scrolling gadget  adalah satu dari aktivitas yang sering aku lakukan ketika suami sedang bekerja dan anak sudah tidur pulas. Entah itu siang, pagi atau malam.

Aktivitas me-time ini sering sekali bikin aku nggak tahu diri. Nggak terasa, sudah setengah jam aja weh aku habisin buat lihat reels Instagram. 

"Allahu...." aku menghela napas panjang. “...padahal kalau waktu setengah jam itu aku pakai buat ngaji, lumayan kan dapet se-Juz.” Sambil ngedumel.

Astaghfirullahnya lagi, walaupun setelah Allah ﷻ ngasih kesadaran itu, tetep aja si gadget nggak mau lepas dari genggaman. Bukan stop, terus langsung ngaji.

Hijrah dari Dari Nge-Reels Ig, ke YouTube  

Setelah merasa bosan dan rugi dengan tayangan itu-itu saja dari Reels Instagram. Aktivitas scrolling kali ini aku coba alihkan ke aplikasi lain yaitu YouTube.

Di YouTube ini, Alhamdulillah langsung terasa perbedaannya.

Pas halaman pertama, qodorullah yang muncul adalah tampilan ceramah dari salah satu ustadz kondang Indonesia, Ustadz Adi Hidayat.    

Penyampaian materi ceramah yang tegas dan lugas, beliau selalu berhasil mengemas materi dengan rapi dan sistematis. Akhirnya selalu mudah untuk dimengerti. Setiap ceramahnya mudah banget dipahami oleh kita yang belum paham sama sekali.

Dalam tayangan tampilan perdana yang muncul itu, beliau sedang menyampaikan materi yang mengupas surat Al-Fatihah.

Dari sejarahnya sampai kiat-kiat untuk menguatkan niat dan tujuan  kita hidup didunia ini tak lain adalah untuk beribadah kepada sang maha pencipta, Allah ﷻ.

Isi kandungan surat Al-Fatihah yang sangat luar biasa.  

Kita sebagai muslim atau muslimah tentunya tidak asing lagi dong dengan surat Al-Fatihah. Lah wong selalu dibaca pas sholat.

Surat inilah yang pertama kali berhasil kita hafal saat dulu belajar menghafal surat-surat pendek, karena surat ini terdiri dari tujuh ayat dan mudah untuk dihafalkan.  

Keistimewaan yang dimiliki surat ini sangat luar biasa, buktinya nggak sedikit orang yang mempercayai kalau surat ini banyak membawa keajaiban dan keberkahan. Sehingga masyarakat biasanya menjadikan surat Al-fatihah sebagai rujukan dalam ritual keagamaan. Misalnya pas ketika membuka suatu acara khususnya pengajian atau acara selamatan.  

Padahal sebetulnya keistimewaan dari surat Al-Fatihah bisa didapatkan seseorang dengan cara memahami, merenungkan, dan memperjuangkan isi kandungan di dalamnya. Bukan menganggap hanya dengan dibaca saja, semua keistimewaannya bisa langsung seluruh keberkahannya kita dapatkan.

Ibunya Al Qur’an 

Surat Al-Fatihah menyiratkan dan menyuratkan seluruh kandungan isi yang tersimpan dalam Al-Qur’an. Karena dalam surat Al-Fatihah terdapat kandungan tentang tauhid, keimanan, ibadah, dan ilmu pengetahuan yang lainnya. Isi pokok kandungan surat Al-Fatihah

Ayat pertama sampai ayat ketiga  

Dalam ayat pertama sampai ayat ketiga adalah memberikan informasi kepada kita hamba-Nya tentang pengenalan Dzat Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang yang menguasai seluruh jagat raya alam semesta. Kemudian memberikan pesan tentang sifat-sifat Tuhan yaitu arrahman dan arrahim.

Ayat keempat

Dalam ayat keempat dijelaskan bahwa Allah ﷻ lah sang pemilik hari pembalasan, selain menyampaikan tentang kepemilikan Dzat Yang Maha Kuasa, ayat ini menyampaikan pula pesan tentang adanya hari kiamat, yakni hari pembalasan yang akan ditemui oleh seluruh umat di dunia, baik muslim maupun non muslim.berarti kaum kafir pun ikut merasakan hari kiamat. Seluruh amal perbuatan manusia dipertanggungjawabkan di hari pembalasan kelak. Dan nggak akan ada sekecil apapun perbuatan terlewat dari hisab-Nya.

Ayat kelima

Dalam ayat kelima surat Al-fatihah adalah mengenai ketauhidan bahwa Allah satu-satunya dzat yang patut untuk disembah dan dengan ketundukan kepada-Nya lah segala permintaan dan permohonan pertolongan akan dikabulkan. Dan hanya kepada Allah sajalah kita bisa memohon pertolongan.

Ayat keenam,

Dalam ayat keenam menjelaskan tentang petunjuk/syariat dan ilmu pengetahuan untuk menuju jalan yang benar. 

Karena Al-Qur'an sebagai Hudan atau petunjuk maka Al-Qur’an telah memberikan solusi atas problema kehidupan. Hanyalah orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan dan menggunakan akalnya yang dapat menemukan kebenaran tersebut. 

Ayat ketujuh

Nah pada ayat terakhir surat Al- Fatihah, adalah tentang sejarah. Siapakah yang berhak mendapat petunjuk tersebut. Yakni orang-orang yang telah diberikan ni’mat, baik ni’mat batin maupun ni’mat lahir. Bukan orang yang dimurkai dan bukan pula mereka yang sesat dari petunjuk-Nya. Orang-orang tersebut telah digambarkan pada zaman dahulu di era kenabian.

Ada golongan yang patuh terhadap ajaran Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam dan ada pula kaum-kaum pembangkang. Mereka yang membangkang inilah yang mendapat murka dan sesat dari jalan Allahﷻ. Mereka itulah yang tidak mendapatkan anugerah berupa jalan kebenaran. Naudzubillahimindzalik.

Itulah kandungan-kandungan yang termaktub dalam surat Al-fatihah, sehingga al-Fatihah dijuluki sebagai ummu Al-Kitab dan dijadikan obat segala penyakit. Akan tetapi, meskipun Al-fatihah merupakan kumpulan seluruh isi dalam Al-Qur’an, bukan berarti sebagai umat muslim, kita tidak membaca ayat-ayat yang lain. 

Karena kita tidak mungkin cukup memahami Al-Qur’an dalam Al-Fatihah saja, akan tetapi butuh ayat-ayat pendukung untuk memperkuat keislaman dan keimanan kita. Membaca al-Fatihah sangat baik, tapi jauh mendapatkan keutamaan dan keistimewaan yang luar biasa ketika kita juga membaca dan memahami isi dalam Al-fatihah.

Yang pada intinya dari uraian yang aku dapatkan dan paling berkesan dari bahasan ustadz Adi Hidayat mengenai surat Al Fatihah ini adalah "ketika kita bisa mengamalkan surat Al Fatihah, maka kita akan memperoleh petunjuk dalam hidup kita"

Kanal YouTube Ustadz Adi Hidayat Official 

Belakangan aku tahu, ternyata dari banyaknya konten inspiratif yang menampilkan ceramah mudah dimengertinya ustadz Adi Hidayat, yang tantangannya dipublikasikan oleh tim yang dikawal ustadnya adalah kanal @ustadzadihidayatofficial.

Di kanal YouTube ini isinya lengkap pisan loh, sobat. Ada banyak materi menarik tentang fiqih, hafalan, kajian umum, tanya jawab, bahasan khusus kitab tertentu, dan topik menarik keagamaan lainnya.

Sobat bisa cek daftar topiknya di Playlist, ya!

Jangan lupa untuk klik subscribe dan bunyikan loncengnya, ya. Agar sobat juga tidak tertinggal konten inspiratif dari beliau.

Related Posts

Posting Komentar