tehfira.my.id

Sejarah Transportasi di Indonesia. Khususnya Mengangkut Banyak Orang via Darat

 



Tulisan kali ini terjadi setelah pulang dari sekolah, Khaulah merengek pengen naik angkot, katanya pengen jalan-jalan dulu sebelum pulang. Mungkin karena dia kelelahan ikut aktivitas Ummahnya sedari pagi sampai petang, atau mungkin dia memang dapet stamina lebih dari Allah dan masih pengen jalan-jalan.

 

Ohya, di kampung sobat apakah ada angkot?

Gimana cerita sobat dengan angkot?

 

Soal Khaulah, dia sebetulnya sudah sering minta naik angkot dulu sebelum pulang. Padahal, dari sekolah ke tempat pulang itu bisa ditempuh dengan jalan kaki saja. Rumah kontrakan tempat kami tinggal hanya bisa dilalui pejalan kaki dan roda dua saja.

 

Lalu kenapa khaulah pengen naik angkot?

Itu yang jadi misteri sampai sekarang. Seperti di pertanyaan awal tadi. Mungkin Khaulah memang masih pengen jalan-jalan.

 

Angkot dan Sejarah Transportasi di Indonesia. Khususnya transportasi yang mengangkut banyak orang di darat.

 

Angkot

Angkot itu singkatan dari angkutan kota ya h sobat, adalah kendaraan umum yang biasanya digunakan untuk perjalanan dalam kota dengan jarak pendek atau menengah. Angkot dapat menampung sekitar 6 hingga 15 penumpang, dan biasanya dioperasikan oleh sopir dan kernet. Angkot biasanya memiliki rute yang sudah ditentukan, dan biayanya pun lebih murah dari pada taksi atau transportasi darat lainnya. kalau di daerah ku sendiri sih tarif angkot sekarang, dengan jarak dekat berkisar antara Rp. 4000-an. selanjutnya lebih dari itu, untuk jarak tertrntu yang lebih jauh.

 

Ngomongin transportasi darat. Di Indonesia nih ya, transportasi telah mengalami banyak perkembangan dan transformasi seiring dengan perubahan zaman dan kebutuhan masyarakatnya. Berikut adalah beberapa mode transportasi darat di Indonesia.

 

Delman

Sobat tahu delman? Delman adalah salah satu alat transportasi darat tradisional yang cukup populer di Indonesia, terutama pada masa kolonial Belanda. Delman adalah kereta kecil yang ditarik oleh kuda, biasanya digunakan untuk mengangkut penumpang atau barang di dalam kota. Namun, seiring dengan perkembangan kendaraan bermotor, delman mulai ditinggalkan dan digantikan dengan kendaraan bermotor lainnya. Alhasil, pada masa sekarang delman ini udah jarang banget kita temukan.

 

Ojek

Kalau di Sunda, ojek itu singkatan dari ongkos ngajegang entah mungkin sebab naik ojek itu haru ngajegang makanya di sebut demikian. Bahkan pas dulu aku masih kecil, ada lagunya juga berjudul ojek, itu versi bahasa Sunda yah. Ojek pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 1960-an. Pada awalnya, ojek masih menggunakan sepeda motor konvensional dan dioperasikan secara manual oleh pengemudi. Namun, pada tahun 2010, ojek mulai dioperasikan dengan sistem online melalui aplikasi telepon seluler, sehingga memudahkan pengguna untuk memesan dan menggunakan jasa ojek.

keinget zaman dulu aku di kapung, pengen ngojek tuh susahnya minta ampun. Kebetulan daerah tempatku tinggal, ke pasar aja susah karena akses yang jauh. Satu-satunya kendaraan yang bisa dipakai adalah motor yang sebenarnya waktu itu masih disebut ojek, karena masih sangat jarang sekali orang punya motor pribadi.

 

Oplet

Sobat pernah ngalamin naik oplet nggak nih? Saya pribadi sampai detik ini belum pernah naik oplet. Oplet merupakan  angkutan umum tradisional yang biasanya ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur, tapi Jawa Barat juga ada soalnya nenek saya dulu pernah cerita kalau mau berangkat ke kota tuh pasti naik oplet dan nunggunya tuh, beuh harus berjam-jam

Sebagai kendaraan bermotor kecil yang dirombak dari mobil bekas, katanya oplet bisa menampung sekitar 10 hingga 15 penumpang. Oplet juga biasanya mengoperasikan rute tertentu, dan punya jadwal keberangkatan yang teratur.

 

Bajaj

Bahas bajaj jadi keinget film legendaris Bajaj Bajuri. Bajaj adalah transportasi darat yang populer di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Bajaj adalah kendaraan roda tiga yang diimpor dari India, dan dioperasikan sebagai angkutan umum. Bajaj biasanya digunakan untuk perjalanan dalam kota dengan jarak pendek, dan memiliki kecepatan yang cukup lambat.

Jujur, sampai aku diusia dewasa ini belum pernah naik bajaj. hihi

 

Bemo

Bemo merupakan kendaraan dengan roda tiga yang biasanya digunakan sebagai angkutan umum di beberapa daerah di Indonesia, terutama katanya di pulau Bali. Bemo bisa menampung sekitar 4 hingga 8 penumpang lho, dan biasanya digunakan untuk perjalanan dalam kota dengan jarak pendek.

 

Taksi

Taksi merupakan transportasi darat yang populer di seluruh Indonesia. Taksi pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 1970-an, dan sudah menjadi salah satu transportasi yang paling umum digunakan. Taksi biasanya dapat dipesan melalui telepon atau aplikasi, dan memiliki meteran untuk menentukan biaya perjalanan.

 

BRT dan Busway

BRT (Bus Rapid Transit) dan Busway merupakan jenis transportasi darat yang lebih modern, dan biasanya digunakan sebagai angkutan umum dalam kota. BRT dan Busway memiliki jalur khusus, sehingga dapat melewati kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di kota-kota besar. BRT dan Busway biasanya dilengkapi dengan AC, dan memiliki jadwal keberangkatan yang teratur.

 

LRT

LRT (Light Rail Transit) merupakan jenis tansportasi darat yang lebih modern yang digunakan di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Palembang, dan Bandung. LRT adalah kereta api ringan yang beroperasi di atas rel, dan memiliki jalur khusus yang terpisah dari jalan raya. LRT biasanya lebih cepat dan lebih nyaman daripada transportasi darat lainnya, dan dapat mengangkut sejumlah penumpang yang besar dalam satu perjalanan.

 

Selain itu, ada juga jenis transportasi darat lainnya yang populer di Indonesia, seperti:

 

Kereta Api

Kereta api adalah salah satu jenis transportasi darat yang paling populer di Indonesia, terutama untuk perjalanan antar kota atau antar provinsi. Kereta api biasanya lebih nyaman dan lebih aman daripada transportasi darat lainnya, dan memiliki jadwal keberangkatan yang teratur. Saat ini, kereta api di Indonesia sudah dilengkapi dengan fasilitas modern seperti AC, kursi yang nyaman, dan layanan makanan.

 

Mobil Pribadi

Mobil pribadi adalah jenis transportasi darat yang paling umum digunakan di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Mobil pribadi biasanya digunakan untuk perjalanan jarak jauh atau untuk keperluan sehari-hari, seperti bekerja atau berbelanja. Namun, penggunaan mobil pribadi di Indonesia juga menjadi penyebab kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di kota-kota besar.

 

Dalam beberapa tahun terakhir, transportasi online juga semakin populer di Indonesia, seperti Gojek dan Grab yang menawarkan layanan transportasi online yang beragam, mulai dari ojek hingga taksi. Hal ini memberikan pilihan baru bagi masyarakat Indonesia untuk memilih jenis transportasi darat yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

Dahulu ketika zaman kolonial. Beberapa kota besar di Indonesia seperti Batavia (Jakarta), Bandung, Semarang dan lain sebagainya. Bahkan pernah ada namanya trem listrik.

 

Sejenis kereta listrik, namun hanya memiliki satu gerbong saja. Di dunia, angkutan jenis ini masih menjadi angkutan andalan warganya. Hanya saja di Indonesia sudah lama tidak ada.

 

 

 

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar