tehfira.my.id

Di Islam Ada Pembunuhan

Pagi ini tiba-tiba aku ingat berbagai macam peristiwa pembunuhan yang di laporkan oleh media terlebih di sosmed. Sampai timbul kesan dalam otaku “pembunuhan itu semakin dekat”
Dulu, ketika aku masih sangat kecil, kata-kata bunuh atau pembunuhan itu hanya ada dalam cerita belaka, hanya aku temukan di rangkaian acara main-main di waktu sore bersama para teman dan anak sodara yang seusia. Biasanya dalam acara main sore itu kita membagi peran, ada yang membunuh dan ada yang di bunuh, terus ada yang di hukum akibat membunuh. Hukumannya pun hanya sebatas di cambuk dengan praktek cambuk-cambukan yang sama sekali tak mengenai kulit yang di hukum.

Setelah beranjak agak dewasa, mulai lah pengetahuan ku tentang pembunuhan remang-remang menuju terang.
Aku mulai tahu bahwa pembunuhan itu nyata adanya, bukan hanya ada di area bermain di sore itu.

Apalagi ketika aku mulai duduk di bangku SMA, kebetulan aku bersekolah di sekolah yang basic nya madrasah, sebut saja Madrasah Aliyah. Waktu itu tepat kelas XI semester satu, aku di berikan ilmu mengenai Jinayat dan Hikmahnya, kurang lebih judul materi nya seperti itu.

Ternyata isinya bahasan tentang kejahatan termasuk pembunuhan.
Gak ada satu perkara pun yang lepas dari aturan yang sudah di kemas rapi oleh ajaran islam. Termasuk tentang pembunuhan ini.
Materi ini ada pada mata pelajaran Fiqih. Dalam ilmu fiqih, persoalan mengenai perbuatan kejahatan dan sanksi hukum yang di kenakan terhadap pelakunya dibicarakan dalam bab jarimah atau uqubah. Jarimah menjangkau dua kelompok pembahasan yaitu jinayat dan hudud.

 Jinayat yaitu sebuah kajian yang membahas tentang kejahatan. Istilah yang lebih populer nya di sebut dengan hukum pidana islam. Dalam pembahasan jinayat juga mencakup tindak pidana qisas, hudud, dan ta’zir.

Dari materi itu aku sadar, ternyata apa yang aku peran kan ketika bermain sore-sore bersama teman kecilku dulu itu memang betul ada di dunia nyata, bahkan beberapa waktu terakhir ini, banyak sekali kabar yang memberitakan telah terjadi pembunuhan di berbagai tempat terdekat. Dan yang lebih membuat aku tersadar adalah adanya hukum islam yang mengatur segalanya. Termasuk salah satu perkara yang awal nya aku anggap sebagai hal yang sangat tabu pun ternyata jauh-jauh waktu sudah tertulis rapi dalam hukum islam.

Indah sekali Islam ku. I love islam















Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar