tehfira.my.id

Alasan Mengapa Cinta Biologi

Bukan cinta kalau tanpa alasan. Itu berarti klaimat yang menyatakan bahwa "cinta itu tak memandang apapun" salah. Nyatanya, ketika kita merasa jatuh cinta tentu ada sebab musabab nya. Tak terkecuali ketika kita mencintai salah satu ilmu. 


Kenapa saya begitu mencintai biologi? Itu kerana setelah saya melihat, menimbang, sekaligus merasakan sedikitnya ada 5 alasan diantaranya :

1. Karena Alloh SWT

Saya ini seorang muslimah, sudah sangat wajar jika segala sesuatu yang saya putuskan baik itu perasaan atau tindakan harus berlandaskan astma Nya, tuhan saya, Alloh SWT. Terlebih ini, masalah keilmuan yang dengannya saya mengharapkan akan kebarokahan melalui ilmu tersebut atas izin Allah. 

Karena tidak ada satu di siplin ilmu pengetahuan pun yang keluar dari pengetahuannya Alloh. Ilmu apapun itu, baik ilmu duniawi maupun ukhrowi. Termasuk biologi.


2. Bisa lebih bertafakur

Menurut KBBI arti kata tafkaur memiliki arti merenung, renungan, prihal merenung, memikirkan.
Apa hubungannya dengan saya yang cinta biologi?

Jelas, yang saya rasakan ketika mulai mempelajari ilmu ini, saya lebih banyak berpikir tentang luar biasanya makhluk ciptaan Alloh SWT. Termasuk juga kita manusia. Ada banyak sekali hal-hal yang kita bisa renungkan atas keberadaan kita sebagai salah satu makhluk hidup yang di ciptakan oleh sang maha pencipta.
Dengan  belajar biologi kita akan lebih sadar tentang eksistensi makhluk hidup di muka bumi ini. Yang pada kenyataannya, kita di ciptakan untuk ada di muka bumi ini bukan untuk menjadi penguasa serakah dan berbuat semaunya terhadap alam semesta. Tapi untuk mengolah, saling memelihara, dan yang utama adalah untuk beribadah!

3. Sangat mudah di pelajari

Berbeda dengan ilmu sains yang lain, seperti fisika atau kimia. Biologi adalah salah satu anggota ilmu pengetahuan alam yang paling mudah di pelajari. Yang menjadi penyebabnya adalah tidak dipusingkan dengan rumus! 
Yah, betul. Di biologi, paling kita di pusingkan dengan hapalan. Bagi yang benci hapalan sih pastinya bakal merasa dongkol dengan mata pelajaran yang satu ini.

4. Menjadikan kita lebih cinta alam

Jika di anggota ilmu pengetahuan alam yang lain di ajarkan bagaimana kondisi alam yang abiotik, maka di biologi kita di berikan pengenalan dan cara untuk berinteraksi antara kita dan alam, antara makhluk yang biotik dengan abiotik.dari sana kita bisa lebih menghargai alam karena sadar kita butuh mereka.

5. Lebih bisa menghargai sesama makhluk.

Yang saya maksud makhluk disini adalah makhluk hidup ya. Bukan makhluk mati. Interaksi yang gak kalah penting adalah interaksi kita dengan sesama makhluk. Baik dengan hewan, tumbuhan, terlebih dengan sesama manusia. Dengan belajar biologi kita bisa paham bagaimana korelasi kita antar sesama makhluk, bahwa kita itu sangat tidak bisa untuk melawan adanya simbiosis.

Naah, itu dia 5 alasan kenapa saya cinta biologi. Dan mungkin bisa menjadi alasan juga bagi siapa saja yang jatuh cinta pada salah satu di siplin ilmu biologi ini.

Related Posts

There is no other posts in this category.

1 komentar

  1. Saya suka bio karena biologi ada bedah membedah hewan jadi sekalian menyalurkan jiwa pyscho

    BalasHapus

Posting Komentar