tehfira.my.id

Biologi : Ilmu Tentang Kehidupan

Kata biologi sudah tidak asing lagi di kalangan remaja usia SMA atau sederajat. Bahkan sejak usia bangku sekolah dasar. Hanya saja dalam rentang usia SD sampai SMP, Biologi masih di persatuan dengan Fisika dan Kimia.
Di ambil dari bahasa Yunani, dari dua suku kata. Bios dan Logos. Bios artinya hidup, Logos artinya ilmu. 

Jadi, biologi adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang kehidupan, makhluk hidup semuanya akan dipelajari disini. Baik yang terlihat secara kasat mata, ataupun tidak terlihat secara kasat mata (kecuali pocong, hantu, setan atau jurig).

Makhluk hidup yang bisa di lihat secara langsung oleh mata tanpa menggunakan alat bantu pengelihatan (kaca pembesar, mikroskop) misalkan tumbuhan,hewan dan manusia.
 Makhluk hidup yang tidak bisa dilihat langsung oleh mata. seperti bakteri, protista, jamur dan lain sebagainya. Kesemuanya ini akan di kupas tuntas dalam biologi. Menarik bukan?

Ada orang yang nyiyir dengan keilmuan yang satu ini, katanya ribet lah, banyak menghafal lah, turunannya banyak lah, pokoknya ribet banget. Padahal akan sangat ribet jika kita tidak mengenal kehidupan di sekitar kita. Yang tentunya hal itu akan kita dpatkna ketika belajar atau memahami si bio.

Apakah kamu tertarik mengenalnya juga? Membuka-buka kembali buku pelajaran yang pernah kamu tulis ketika sekolah. Bukunya masih ada kan? Wah, jangan-jangan sudah di expor ke mamang gorengan pinggir jalan. Hehe.

Sesungguhnya sesuatu amal itu tergantung niat sih. Jika niat kamu belajar biologi memang untuk mengenal makhluk hidup, terlebih kamu punya misi membuat ilmu itu menjadi bahan renungan supaya kamu terus bersyukur kepada Sang Khalik. Ketika niatnya bagus seperti yang saya tuliskan di atas, saya rasa belajar biologi enggak bakalan sulit. Yang sulit kan sebenernya ngumpulin niat terus memupuknya dengan Istikomah. 

Apalagi kalau niatnya gak ada. Maksud saya, pernah dong dulu ketika duduk di bangku sekolah pengennya cepat lulus. Karena gak kuat sama tugas sekolah yang numpuk-numpuk itu? Model-model kayak gitu sih biasanya niatannya kurang. Malah gak ada niat sama sekali. Nah, kalau niat udah enggak ada, ya sudah mau dipaksa bagaimanapun juga ya gak bakalan masuk.

Eh sampai mana ya tadi bahas biologinya? Duh kalau sudah curhat kadang suka gak kearah ya, melebar. Gitu aja deh dulu. Sekiranya kita bisa bertukar pengalaman dan pemahaman lewat komentar di bawah. 
Terimakasih

Related Posts

Posting Komentar