tehfira.my.id

Mudahnya Belajar Google Analytic bersama Blogspedia Coaching Batch 2

Belajar Google Analytic bersama Blogspedia


Mau jadi blogger profesional? Awali langkah dengan belajar Google Analytic bersama Blogspedia, coaching nya baik banget loh. 

Alhamdulillah, syukur pisan karena sampai saat ini masih bisa bernafas lega. Menikmati setiap hari dengan keadaan yang cukup, mau belajar jadi blogger, eh ada guru yang mau ngajarin seluk beluk nge-Blog dari awal sampai ketemu banyak hal. 

Makasih ya Mbak Marita, Mas Martin juga. Kalian memang luar biasa. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan berkat kepada Mbak sama Mas dan keluarga. 

Sahabat Fira, beberapa bulan ke belakang mungkin ada yang ingat kalau blog ini nggak ada apa-apa nya. Nulis ya nulis aja, nggak ada aturan yang terikat. Nggak ada sama sekali tujuan terarah. Tapi sekarang, Alhamdulillah ngeblog sudah ada arahannya. 

Bersama Blogspedia Coaching Batch 2 aku bisa belajar banyak hal tentang blog. Salah satunya materi premium yang satu ini. 

Mudah Belajar Google Analytic Bersama Blogspedia Coaching. 

Seminggu sebelum tulisan ini ditulis, aku masih belum tahu apa itu Google Analytic. Eh tahu deng dari suami. Tapi soal maksud, tujuan, cara pengerjaan, cara pasang dan tek-tek bengeknya, aku sama sekali nggak tahu. 

Tapi setelah belajar bersama Mbak Marita, aku jadi tau dong sekarang. Yeaaaay seneng banget pastinya. 

Apa itu Google Analytic

Google Analytic atau biasa disingkat G.A adalah salah satu tools yang ditawarkan oleh Google untuk memonitor perkembangan blog atau situs yang kita punya. Cara kerjanya cukup sederhana sih, kita membuat akun G.A, lalu menghubungkan situs atau blog yang kita miliki dengan akun tersebut. 

Menurut Om Wikipedia, G.A adalah Google Analytics layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. 

Apa fungsinya? 


Dari pengertian di atas, kita bisa tarik kesimpulan bahwa G.A ini berfungsi sebagai alat untuk memantau pengunjung yang mampir di blog atau situs kita. Dengan demikian, kita bisa tahu apa yang pengunjung cari, apa yang pengunjung ingin ada di blog kita. Atau apa sih yang sebetulnya dari blog kita itu, bisa bikin orang tertarik berkunjung. 

Jawaban apasih ini akan terjawab langsung oleh Google Analytic. Karena setelah kita pasang dan gunakan, kita bisa melihat banyak sekali informasi tentang pengunjung yang datang ke Blog kita. wah wah… Google Keren ya, bisa-bisanya sediakan tools beginian. Eh gratis lagi.

Lebih jelas soal fungsi G.A, ada baiknya sahabat Fira juga membaca ulasan berikut ya…  pokoknya Belajar Google Analytic bersama Blogspedia itu asyik. 

6 Data yang Bisa Kita Lihat di Google Analytic

Di antaranya adalah sebagai berikut :
  1. Realtime;
  2. Demografi pengunjung;
  3. Perilaku pengunjung;
  4. Jumlah trafik;
  5. Sumber trafik;
  6. Kecepatan website;

Realtime

Realtime adalah satu brand smartphone yang asalnya dari Tiongkok, bersaudara dengan Oppo, bersaing dengan Xiaomi, Samsung dan merek lainnya. Eh, bentar ini mah Realme bay the way. Hehehe

Oke, sekarang kita beneran. Realtime dari Google Analytic ini akan memberikan kita data pengunjung secara langsung. Seperti namanya, real yang berarti nyata, dan time yang berarti waktu. Pada fungsi dan jenis yang satu ini, kita dapat melihat siapa yang sedang, secara nyata, pada waktu sekarang, berkunjung ke blog kita. 

Kalau di rumah mah, kita teh lagi ngintip tamu yang lagi duduk di teras, atau masuk-masuk manja ke area dapur terus langsung bikin kopi. 

Eh? Pokoknya gitu deh. Real itu nyata dan time itu waktu ya. Hehehe

Demografi Pengunjung

Lanjutan dari belajar Google Analytic bersama Blogspedia ini kita juga akan belajar tentang demografi pengunjung/audiens.

Dari jenis ini kita akan bisa melihat pengunjung sesuai dengan daerah tempat dia mengakses blog kita. Eh nggak deng, lengkap juga sih. Selain itu juga si Demografi ini bisa digunakan untuk melihat topik apa yang pengunjung cari dari blog kita. 

Banyak hal lain yang juga bisa dilihat dari fitur demografi ini loh. Kalau kita Audience atau Demografi Audience secara ringkas (overview) kita bisa melihat data-data berikut :

  • Jumlah pengguna;
  • Jumlah tayangan halaman;
  • Jumlah pengguna baru;
  • Jumlah halaman dibuka dalam satu sesi;
  • Jumlah sesi;
  • Jumlah sesi per pengguna;
  • Bounce rate / sesi pantulan;
  • Demografi berdasar bahasa, negara, dan kota;
  • Sistem operasi yang digunakan;
  • Informasi sistem operasi ponsel yang dipakai audiens.

Keren nggak sih? Dari satu fitur bisa digunakan untuk melihat banyak insight. Wah, kalau belajar gini, aku teh merasa udah jadi blogger yang profesional gitu. Lah wong data pengunjung aja aku perhatiin kan. Hehe. 

Perilaku Pengunjung

Sebagai seorang guru di Madrasah, ketemu sama peserta didik yang berbeda-beda karakter dan perilakunya, tentu jadi hal yang asyik ketika kita mengetahui perilaku mereka. Begitu juga dengan perilaku pengunjung di blog nih. Kalau dah tahu perilaku mereka, nge-blog jadi makin asyik. Walau sebetulnya di awal belajar ini aku masih meraba-raba sih. Tapi meraba juga asyik kok. Hehe

Oh ya, di bagian ini sebetulnya ada banyak hal yang bisa kita lihat. Misalnya saja soal bounce rate, pengunjung baru melawan pengunjung lama, pengunjung unik, ketertarikan dan lain sebagainya. Tapi kok rasanya aku lebih seneng kalau kamu yang sama sekali nggak tahu terus pengen banget tahu, biar langsung aja ikutan Blogspedia Coaching Batch selanjutnya. Hehe


Jumlah Trafik

Dari bagian ini, nantinya kita seperti disuguhkan data soal berapa kali blog kita dibuka sejumlah orang dalam periode tertentu. Penting banget nih tahu beginian, soale kalau Trafik nya kurang bagus, berarti kita bisa bermanuver untuk memperbaiki konten tulisan atau monestasi blog. Kalau Trafik nya bagus, kan bisa belajar pasang adsense biar dapet cuan. Eh bisa juga sih biar dapet costumer. Hehe. 

Sumber Trafik

Serupa ada Trafiknya, di bagian ini nantinya kita akan disajikan sumber angka-angka trafik itu munculnya dari mana. Apakah karena kita posting di media sosial, apakah karena pencarian organik, atau mungkin karena terpaksa membuka karena kita minta. Hehe. 

Dari sumber trafik ini, pokoknya segala jenis alasan pengunjung datang ke blog kita, akan ketahuan sama Google Analytic. Keren kan. 

Kecepatan Website

Belajar Google Analytic bersama Blogspedia pokoknya keren pisan. Selain materi kece di atas, kita juga dapat banyak materi yang lebih kece. Untuk yang awam banget kenalan dengan blog, pokoknya wajib ikut. 

Di bagian kecepatan website ini, hal hal yang berkaitan dengan kecepatan akan diperlihatkan. Misalnya Waktu Muat Halaman Rata-rata; Waktu Pengalihan Rata-rata;

Waktu Sambungan Server Rata-rata; Waktu Download Halaman Rata-rata;

Kecepatan situs berdasarkan browser, negara, dan halaman dan lain sebagainya. 

Penutup

Google Analytic atau G.A ini pokoknya wajib dipelajari bagi blogger yang ingin menjadi blogger profesional. Karena banyak sekali data yang bisa kita lihat lalu olah dan evaluasi untuk meningkatkan performa blog. 

Saya sengaja tidak terlalu mengulas lebih detail, atau memunculkan gambar yang lengkap soal G.A ini.  Karena yang saya inginkan adalah kamu yang masih pemula, juga ikut belajar Google Analytic bersama Blogspedia. Yuk, ketemuan di Batch selanjutnya. Hehehesuami

Related Posts

1 komentar

  1. Pas, baca Realtime kirain saya yang belum update, eh ternyata emang bukan smarphone. Dah hampir browsing dan searching. Sekarang dah bisa bilang sama Paksu kalau dah bisa pasang GA mb.

    BalasHapus

Posting Komentar