tehfira.my.id

Tips Permak Blog Sederhana, Blogger Pemula Sini Merapat



Permak blog sederhana terlihat seperti mudah dilakukan bukan? Padahal mah, bikinnya nggak sesederhana itu loh ya! Apalagi kalau sampai nggak paham caranya kayak gimana. Nah! Tulisan kali ini, aku mau bagi pengalaman permak blog, di mana nantinya mau ku ringkas biar yang baca lebih mudah mengaplikasikannya.

Tapi sebelum itu, sudah pada tahu belum nih, kriteria template atau tampilan blog yang sederhana tapi bener itu yang kayak gimana? 

Kriteria Memilih Template yang Sederhana, Tapi Sesuai Juga dengan Kebutuhan

Semua orang pasti suka dengan hal-hal yang sederhana, kecuali tentang hubungan ya. Pasti nggak pernah ada hubungan yang sederhana, semuanya pernah bermasalah dan pernah ada dalam titik hubungan yang rumit. Eh, kok jadi ke hubungan sih. Kacau! Oke begini....

Kebanyakan orang memilih tampilan (apapun itu mau rumah, blog, mobil, apapun) dasarnya pasti karena enak dilihat. Baru habis itu mulai deh ke bahasa keren, imut, lucu, dan lain sebagainya.

Seperti kriteria yang pertama berikut ini :

1.Template enak dilihat (user friendly dan mudah diakses)

Alasan pertama ini bener banget. Konten yang menarik sih nggak ada artinya kalau pas pertama kali lihat tampilan blognya udah nggak enak dilihat. Tampilan tulisan nggak rapi, susunan postingan, header, dan pernak-pernik blognya nggak rapi.

Sebaiknya di dalam tampilan blog kita itu ada navigasinya, jadi kayak ada menu khusus gitu yang ngarahin pembaca buat eksplor blog kita.

Orang akan cenderung memilih tulisan yang kalau diklik tuh langsung muncul tulisannya, nggak nunggu-nunggu dulu. Jadi sebaiknya kita juga harus memperhatikan ukuran file yang disematkan ke blog kita. Misalnya nanti si gambar pakai resolusi yang rendah tapi masih jelas terlihat. Gitu

2.Responsif dan Mobile Friendly

Mobile friendly apaan sih? Untuk orang yang baru belajar blog, sebetulnya hampir semua template blog yang dikembangkan sekarang, rata-rata sudah memiliki fitur mobile friendly. Alias ramah ketika dibuka di HP. 

Singkatnya, pas orang buka blog kita di hape, blog kita itu mudah aja dibukanya, tulisannya jelas, nggak kegedean, kekecilan, lebih tepatnya sesuai dengan ukuran hape. Kalau di banyak template versi lama, biasanya blog akan susah dilihat ketika pembaca membukanya di hape. 

Nah, jadi kriteria selanjutnya (sebelum bahas tips ternak blog sederhana) adalah kita harus memastikan bahwa template blog yang kita gunakan itu, bisa dibuka dan dapat dibaca dengan jelas ketika dibaca lewat hape.

3.Loading Template harus cepat, wusssss

Ya emang sih ya, jaringan sekarang udah ada yang 5G, wifi udah terpasang di mana-mana. Tapi tetep aja, blog yang kita miliki itu harusnya nggak LOLA kalau dibuka. Kebayang dong, pas kita lagi share tulisan di sosmed, terus ada yang mau baca tulisan kita nih, karena bisa saja penasaran dengan judulnya atau dengan gambarnya. Eh, pas diklik, blog kita itu nggak muncul-muncul. Artikel yang penasaran ingin dibaca, jadi nggak kebaca gara-gara nggak mau nunggdu lama.

Mau tahu nggak template apa yang masuk kriteria ini? Ups.. baca tips permak blog sederhana sampai selesai , ya!

4.Layout Template

Kriteria keempat untuk mendapatkan template yang sederhana, supaya bisa mempelajari tiips permak blog sederhana adalah tahu betul dengan layout template. Seperti point pertama di atas, ktia harus menyederhanakan tampilan blog dengan mengatur layout templatenya.

Postingan rata-rata berada di tengah atau lebih condong ke kiri, lalu untuk label, arsip, postingan popular dan lain sebagainya itu, harusnya sih ada di bagian kanan. Kenapa begitu? Ya sederhananya sih biar enak dilihat aja.

5.Gaya Tulisan

Sebelum bahas yang pokok, kriteria terakhir sebelum memilih template yang sederhana adalah adanya font atau tulisan yang terbaca dengan baik. Rata-rata font jenis ini adalah sans serif. Bukan handwriting, kaligrafi atau bahkan grafiti. Tulisan-tulisan indah seperti font beuaty, sudah pasti tidak terlalu enak dibaca ketika disajikan untuk menjadi font postingan blog kita.

Tips Permak Blog Sedernaha, Blogger Pemula sini yuk Merapat

Baiklah, kita sudah sampai di pembahasan utama nih. Pasti udah nggak sabar dong ya. Hehe (ngarep ada yang penasaran).. tapi sebelum itu, tengok deh tampilan blog ini sebelum melakukan permak blog sederhana.


Before


After


Yang after, gambar lebih jelasnya bisa langsung lihat sekarang ya. Soalnya ya ini afternya. Tampilan blog yang kupakai sekarang.

Oke, gimana menurut sahabat Fira? Menarik nggak nih.... kalau menarik, yaudah kita sambung dengan tipsnya...

1.Belajar bersama, sama-sama belajar

Kunci dari semua kunci yang ada di semua pemula yang ingin belajar nge blog adalah : Belajar bersama dan sama-sama belajar. Ya emang ada orang belajar otodidak langsung berhasil, tapi bukannya dia juga lihat tutorial di tempat lain ya? Nah! Itu sama aja sih, namanya belajar bersama. 

Jadi intinya adalah, kita harus banyak belajar.

Blogspedia Coaching batch 2, kumpulan blogger cupu adalah salah satu tempat belajar bersama yang recomen banget. Pematerinya baik banget, nggak pelit sama ilmu, pokoknya juara pissan!

dari belajar bersama ini kita jadi tahu apa itu blog, bagaimana cara membuat tampilan yang sederhana, dan lain sebagainya... 

Eh, kalau gitu, jadinya tips yang harus dilakukan berarti ikut blogspedia dong? Ya.... iya atuh. Hehe. Kalau mau langsung ngerti sih ikut blogspedia, jadi kalau kita nggak bisa juga, akan langsung dibimbing, asal kita mau terbuka dan aktif mengikuti materi.

2.Unduh Template yang Sudah Jadi

Ada cara yang paling sederhana untuk membuat blog kita memiliki template yang sederhana. Tips permak blog sederhana selanjutnya adalah langsung mencari template blog yang sudah jadi, kita tinggal unduh, copy dan paste aja. Template sederhana pun bisa langsung kita dapatkan.

Di luar sana, ada banyak kok penyedia template yang udah bagus dan siap unduh.  Mulai dari yang gratisan, sampai dengan yang harus dibayar dengan rupiah atau dollar.

3.Unduh Fiksioner

Tips permak blog sederhana yang paling mudah dilakukan adalah langsung download template fiksioner. Kayak yang aku lakukan sekarang ini. Hehe. Apalagi Mbak Marita sudah sediakan template Fiksioner yang udah siap pakai dan tinggal ubah-ubah dikit aja, wah pokoknya pakek Fiksioner mah enak pisan. Beberapa keunggulan fiksioner yang aku rasakan nih ya

  1. Tampilan enak dilihat
  2. Mobile friendly
  3. Mudah di utak-atik karena sudah ada pengaturannya disediakan
  4. Tersedia tutorial yang cukup lengkap
  5. Gratis tapi rasa premium
  6. Cepet banget kalau dibuka
  7. Terbukti sudah digunakan banyak orang
  8. SEO Friendly
  9. Bikin nyaman

4.Beli template 

Ada lagi tips permak blog sederhana, paling gampang dan nggak usah banyak mikir, jadi kamu hanya perlu membayar seseorang atau tim khusus untuk mengubah template kamu supaya masuk kriteria bagus. 

Dan menariknya adalah, kamu juga bisa mendapatkan template blog premium yang selain sederhana tapi juga keren, melalui Blogspedia. Mbak Marita ini sudah jago dan berpengalaman membuat blog, mempercantiknya dan menjadi konsultan untuk masalah-masalah blog. Jadi kalau mau pakai tips yang ke empat ini, aku sih rekomendasikan banget buat ambil di blogspedianya Mbak Marita.

Penutup

Wah... bagaimana sampai sejauh ini baca tips permak blog sederna udah langsung dapat gambaran belum? Harusnya sih udah ya, lah wong tipsnya langsung babat masalah kok. Hehe.


Terimakasih atas waktunya sampai bertemu di tulisan aku selanjutnya. Ya Sahabat Fira


Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar