tehfira.my.id

3 Manfaat Liburan untuk Kesehatan, Segera Agendakan!

Liburan akan menjadi hal menyenangkan untuk dibahas di segala suasana. Setiap orang selalu mendambakan liburan, apalgi ditengah penatnya aktivitas atau tuntutan pekerjaan sehari-sehari. 

Siapapun tak terkecuali seorang ibu rumah tangga yang full time bener-bener dirumah. karena sejatinya seorang full mom juga bekerja, pekerjaan rumah itu nggak kurang menyibukan lho sobat. Makanya bagi para momi di Indonesia yuk kita liburan!.

Aku sebagai mamah muda yang tak hentinya selalu rempong beradaptasi dengan aktivitas rumah, bakal coba share tempat liburan favorite versi aku, Wana wisata Situ dewa dewi Cipiit mejadi pilihanku. Kenapa bisa dibilang tempat liburan favorite, pasti ada alasan tertentu ya kan?

Situ Cipiit menyuguhkan berbagai kelebihan;

      Suasana alami pedesaan

Aku selalu punya kesan lebih pada tempat wisata yang masih asri dan alami. Karena suasana tenang dan tentram yang selalu berhasil membuat betah. Kalau kata peribahasa sundanya mah “ tiis cepil herang panon”. Salah satu tujuan kita liburan kan untuk mecari ketenangan, tempat alami bisa jadi petimbangan yang tepat.

   Tiket masuk ramah dikantong

Biasanya kalau kita berencan untuk liburan, pasti kita membuat budgeting nya fulu kan? Dari mulai berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk transportasi, makan, minum, jajan, dan tiket masuk. Di wana wisata situ cipiit kita hanya dibebankan tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- saja per orang kalau pas hari biasa, jika weekend harga tiket beda, menjadi Rp. 7.000,- untuk tambahannya palingbiaya parkir sebesar Rp. 2000,- saja untuk motor dan mobil atau roda empat sekitar Rp. 5000,- sepuasnya, nggak di patok berapa jam nya.

    Akses mudah

Lokasinya terletak di kampung Rawaseel, desa Tanjungsari kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. Boleh sobat cari saja di google map biar lebih ganpang dan akurat. Pokoknya nggak terlalu jauh dari pusat kota Sukabumi, nggak nyampe sejam, paling juga sekitar 50 menit.

     Banyak fasilitas yang nyaman

Kalau dibandingkan dengan dulu pas waktu aku masih kecil, fasilitas yang ada di Situ Cipiit belum selengkap seperti sekarang. Dulu hanya ada tempat duduk atau semacam gajebo dan perahu sederhana yang bisa dipakai untuk mengelilingi danau. Sekarang sudah terlihat ada mushola yang lumayan cukup besar, WC yang bersih juga memadai untuk supaya para pengunjung nggak antre panjang kalau ingin buang hajat atau membersihkan diri, ada tempat nyaman juga buat camping, yang jualan makanan atau suvenir juga semakin banyak. Nggak lupa spot foto yang tersedia juga bertambah dan menarik.

 

Nah itu alasan kenapa Situ Cipiit jadi salah satu objek wisata favoriteku. Namun, sebetulnya ada alasan yang sangat kuat selain yang jabarkan diatas, yaitu tempat wisata tersebut masih satu desa dengan kampung halamanku tercinta desa Tanjungsari.

 

Ketika aku menyambangi tempat wisata itu, entah karena sengaja atau sekalian lewat, banyak sekali memori yang tiba-tiba menjelma di pikiranku. Seperti ingatan yang muncul saat kali pertama aku berkunjung ke sebuah danau indah tengah hutan pinus, yang tak lain sekarang dikenal dengan Situ Cipiit. Ketika itu aku masih duduk dikelas empat sekolah dasar.

 

Dengan segala asal-usul historinya yang unik juga menarik. Wana wisata Situ Cipiit menjadi icon desa Tanjungsari.

 

Kalo tempat liburan favorit versi kamu bagaimana, sobat?

Setiap orang pasti punya kriteria dan ketertarikan masing-masing, ya kan?

Yang jelas, aku kasih tahu ini ya kalo setiap orang pasti butuh liburan.

Nggak ada salahnya juga kan? Sah-sah saja. Malah ada dalam salah satu penelitian, liburan punya banyak manfaat untuk kesehatan.


Manfaat liburan untuk kesehatan

 Pernah dengar istilah healing, nggak ? Sepintas arti healing itu adalah liburan. Eh padahal arti sebenarnya adalah penyembuhan atau pemulihan, kenapa diibaratkan liburan? Ya, karena liburan bisa jadi penyembuh atau sesuatu yang bisa bikin pulih.

1. Menghempaskan stres

Saban hari kita berkutat dengan pekerjaan dan aktivitas tentunya sangat melelahkan. Terus saja tenaga dan otak kita diporsir, akan membuat kita stres, naudzubillahi min dzalik. Handphone atau gadget saja jika terus-terusan dipakai aka lowbat atau energinya berkurang atau bahkan habis. Begitu juga kita manusia yang merupakan makhluk hidup yang selalu membutuhkan energi, harus dad ong waktu untuk ng-carg nya.

Nah liburan bisa dijadikan media untuk untuk memulihkan otot-ototdan  kita yang menegang dan otak kita yang stres.

Dan katanya ini ya, menurut riset liburan bisa menjaga mood baik selama 5 hari. Mantep kan? Terlepas dari lama atau sebentar liburannya, atau mahal dan murah objek wisatanya.

 

2. Menjaga jantung agar tetap sehat

jantung adalah organ vyang sangat vital dalam tubuh kita, bayangin saja kalo jantung mengalami gangguan maka sistem kardiovaskuler kita akan terganggu juga, akibatnya pasokan zat-zat yang dibutuhkan tubuh akan terhambat.

 

Konon liburan bisa bikin jantung kita lebih sehat, karena dengan perasaan bahagia yang timbul, dan kadar stres berkurang, akan meminimalkan terjadinya serangan jantung, dan tekanan darah tinggi serta risiko stroke.

 

3. Imunitas tubuh semakin kuat

Salah satu akibat dari stres adalah bisa menurunkan imunitas dan ketahanan tubuh sehingga rentan terkena penyakit. Rasa stres akan berkurang atau bahkan hilang ketika kebahagiaan datang salah satunya bisa ditempuh dengan liburan.

 

Jadi, sobat jangan ragu untuk menyempatkan diri menciptakan kebahagiaan diri sendiri dengan berlibur. Jangan kebanyak mikir ini itu, sibuk lah nggak ada waktu, budgetnya nggak ada lah, dan lain sebagainya yang pada akhirnya liburan nggak jadi juga.  

 

Padahal liburan adalah aset untuk meningkatkan kesehatan dan kebaikan fisik juga mental kita.

Yuk! Segera agendakan untuk liburan.

 

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar