tehfira.my.id

Jatuh Cinta pada Blogspedia, Begini Cara Naklukin Tantangannya

 

Masya Allah nggak kerasa banget Allah mengizinkan aku pada detik ini, berada di penghujung waktu kegiatan blogspedia 15 days writing challange.

Rasanya baru kemarin sore aku dapet flyer sekaligus ajakan dari bebeb untuk sama-sama ikut challange ini. Katanya minimal supaya konsisten menulis di blog, blognya biar nggak jadi sarang laba-laba, terus biar mengasah kemampuan nulis.

Emang sih, jujur aku tipikal orang yang gampang terhasut. Jadi pas diajakin sama suami ikut, ya ikutan aja. Padahal sebenarnya nggak pede banget sumpah. Apalagi challange ini diadakan oleh blogspedia yang sudah terkenal sebagai tempat nyaman dan aman bagi para blogger hebat.

Namun, aku juga nggak mau jadi orang yang "keok samemeh di pacok". Ya udah lah waktu itu aku coba bismillah saja, padahal gemetaran. 

Betul aja kan, setelah aku daftar ternyata dapet info juga challenge ini diikuti banyak peserta. Udahlah disitu aku mulai down. Ekspektasi dapet reward sirna sudah, meskipun emang sebenarnya dalam benak yang paling dalam bener-bener aku nggak ngarepin hadiah, yang penting aku bisa belajar konsisten dulu nulis diblog.

 Alhamdulillah, selama 15 hari ini aku bisa konsisten nulis dengan tema yang penuh kejutan luar biasa. Tema-tema ini emang nggak diberikan satu persatu,malah diberikan diawal banget plus tanggal berapa kita harus setor. Tapi tetep aja bagi aku yang supder duper masih cupu ini tantangan ini tergolong kedalam kategori luar biasa.

Lalu bagaimana caranya bisa menyelesaikan challenge ini?

Dimulailah tanggal 2 Maret 2023 sampai hari ini tanggal 17 Maret, aku berpetualang dengan dengan berbagai macam tema. Alhamdulillah ada beberapa hal yang aku coba terapkan ke diri sendiri biar aku konsisten dan bisa mengerjakan semua tugasnya. Setidaknya aku punya 3 macam tips:

1. Niatkan karena Allah 

"Innamal 'amalu binniat" segala sesuatu tergantung niat. Aktivitas apapun jika kita niatkan karena Allah, insya Allah hal itu akan jadi nilai ibadah.

Seperti juga ikut challange nulis, bisa juga nantinya jadi ladang ibadah ketika diniatkan karena Allah. 

Yang selalu aku coba terapkan ketika mood nulis sedang lesu, aku selalu berbisik pada diri sendiri gini "hayu nulis, biar nambah lagi nilai ibadahnya, hayu nulis karena Allah!"

2. Menjadi gelas kosong

Hal ini aku terapkan salah satunya biar sadar kalau diri ini masih sangat jauh sekali kemampuan menulisnya. Maka aku selalu coba ingatkan Kediri sendiri "hayoh kamu harus lebih giat lagi belajar menulis, biar cepet bisa!"

Dan gelas kosong ini juga bikin aku nggak males lagi baca, karena sepenuhnya sadar tanpa baca kita nggak akan bisa nulis. Sementara dalam diri masih banyak kekurangan ilmu dan wawasannya, lalu apa yang akan dituliskan jika kita masih saja jadi gelas kosong dan nggak mau mengisinya.

3. Menebar kebermanfaatan tanpa dimanfaatkan

Menjadi orang yang berguna sepertinya jadi cita-cita setiap orang. Tapi disini beda, orang yang mampu menebar kebermanfaatan tanpa dimanfaatkan itu jauh lebih berkualitas Insya Allah. 

Dan cara meraih itu, kita bisa gunakan media menulis di blog. Berharap suatu saat tulisan kita bermanfaat bagi orang lain.

Pengertian 'tanpa dimanfaatkan' nya silahkan sobat cari sendiri, atau artikan sendiri sesuai persepsi masing-masing ya!hhi 

4. Merasa bersalah 

Menulis untuk memenuhi tugas dalam kegiatan challenge bagi aku punya kesan beban lebih.

Aku berkeyakinan ketika memutuskan untuk ikut challange, berarti aku harus siap memulai dan menyelesaikan.

Dan misalnya aku nggak bisa menyelesaikan, rasa bersalah pasti bakal merundung dan menyiksa batinku..hhe 

Jadi, tetep apapun yang terjadi harus diselesaikan.

Nah sobat, itu aja sih tips yang aku coba terapkan untuk bisa membawa aku hingga berada diakhir challenge ini.

Oh ya sobat, aku terkesan banget..banget.. sama event ini. Wallahi keren banget menurut aku tuh. Karena selain bisa mandi kita biar mau nulis, ternyata ada banyak reward yang disediakan oleh panitia khususnya coach panutan ku, founder nya blogspedia.

Gegara event ini aku yang udah tega membiarkan blog aku berantakan tak terurus seperti sarang laba-laba katanya, akhirnya bisa mulai di sapu kembali debu-debunya. Mudah-mudahan ini menjadi awal (lagi) aku bisa konsisten nulis di blog.

Dan ada juga pesannya nih, mungkin aja menjadi sedikit inspirasi untuk di challenge tahun berikutnya, reward nya boleh dong ada hadiah "sehari bersama keluarga Mbak Marita" yang secara personal ngajak beberapa orang buat ngikutin kegiatan Blogger Mbak Marita. Atau semacam gathering gitu sih.

Terus perihal tema yang diberikan, menurutku lebih nyaman kalau misalkan dikasi tahu batasan-batasannya. Misal kaya kemarin ada tema pelestarian bawah laut, dan sustainable aku nulisnya coba nerka-nerka aja sih , karena kurang paham harus nulis apa.

Selama ikut challange ini banyak banget keseruannya. Bahagia bisa posting tulisan tiap hari (meskipun masih acak-acakan), seneng banget bisa mainin canva karena untuk ngisi konten gambar, terharu karena harus banget baca-baca dulu sebelum nulis, deg-degan nya, bingungnya, sampai aku pernah nangis gegara pas mau submit, sinyalnya lemot padahal udah nunjukin pukul 23.56 dan akhirnya baru berhasil ke submit 23.59 Masya Allah luar biasa.

Semoga di tahun berikutnya, bisa ikut serta lagi. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada founder blogspedia, semoga sehat dan bahagia selalu.  

Asli aku terharu dan jatuh cinta sama blogspedia.











Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar