tehfira.my.id

Skin Care Favorit Aku. Samaan, Yuk!


Hujan terus saja turun beberapa hari ini mengakibatkan banyak hal menjadi berubah. Termasuk mood aku. Agar moodnya balik, izinkan aku menuangkan keluh kesah dan pengalaman aku di sini, ya.

Sebagai ibu rumah tangga, hampir setiap hari, aktivitasku masih seperti biasa.

Awal hari setelah subuhan, aku menjalankan tugas sebagai pencuci segalanya (kecuali uang) Hehe cucian piring, baju, lantai, dan lain sebagainya. lalu nyiapin sarapan, nyiapin keperluan suami, dan nyiapin keperluan aku juga sih.

Selesai dengan itu, 7.30 berangkat ke sekolah tempatku ngajar sampai pulang sekitar pukul 13.45.

Perjalanan ke tempat mengajar sebetulnya tidak memakan waktu lama, karena jarak yang lumayan dekat sekitar 10 menit jalan kaki juga nyampe. 

Cuman, meskipun hanya 10 menit kalo pas pulangnya kebetulan cuaca panas, lumayan juga bikin kulit muka rada kebakar. 

Nah, biasanya dari situ teh aku langsung keinget sunscreen dari skincare yang aku pakai di rumah. Seperti sahabat karib, skincare itu selalu jadi andalan pas aku punya keluhan apalagi kulit wajah. Kalo sudah ada keluhan sama kulit wajah, biasanya mood rusak.

Skincare apa ini yang sobat andalkan?

Apapun skincarenya sebetulnya gimana kitanya. Mau itu yang herbal ataupun non herbal, mau yang mahal ataupun yang non murah, semua tergantung kita yang pakenya. 

Memakai skincare itu ibarat jodoh kalo menurut aku. Jadi cocok-cocokkan. Bahkan sebelum menemukan yang pas hampir semuanya dicoba kaya makan bakso.

Finnally, atas rekomendasi salah satu teman aku ketemu sama satu brand skincare yang ternyata berjodoh sama tipe kulit aku yang cenderung oily, bruntusan dan kusam banget nget nget.hhe..

Semenjak pakai skincare ini, tahu nggak sih? aku hampir nggak pernah ngeluh lagi soal kulit yang oily, kusam dan bruntusan, kantung mata juga ternyata agak berkurang. Terharu banget pokoknya.

Aku mulai kenalan sama skincare ini itu awal 2022, awalnya sih sempet ragu karena pas hari pertama pake kulit wajahku itu agak mekar-mekar gitu, qodarullah aku putusin buat lanjut sih.

Seminggu setela pemakaian aku perhatiin agak enakan itu diwajah, terasa lebih halus begitu. Terus pas aku ngaca juga, waah kok agak cerahan. Alhamdulillah...

Aku makin rutinin pakai, sampai semua rangkaiannya juga aku pakai, karena aku tipikal malesan biasanya aku cuman skincare-an pas pagi aja, kalo mau berangkat ke sekolah. Night cream, toner, serum dan cleansernya aku skip. Berarti cuman day cream sama facial washnya saja cukup.

Terhitung awal Maret ini aku pakai sudah mau setahun lho. Dan kayaknya aku bakal mutusin kalau Si Dia adalah skincare favorit. 

Alasannya adalah selain karena berjodoh sama aku, harganya juga wort it banget sobat. Iya lah, dengan harga kurang dari 300.000 aku sudah dapetin facial wash, toner, cleanser, serum, day cream plus night cream, wow banget kan?

Macam-macam Jenis Kulit 

Menurut aku ini ya, buat kita bisa menemukan skincare yang cocok itu benar-benar harus kita tahu dulu jenis kulit kita kaya gimana, ini ya aku kasih tahu macam-macam tipe kulit khususnya kulit wajah:

  1. Kulit Normal

Ini salah satu jenis kulit yang diminati banyak orang, karena biasanya jarang banget mengalami permasalahan kulit seperti kusam, beruntusan atau jerawat. Hal ini terjadi karena memang kelembapan kulit normal dalam kondisi yang pas, nggak terlalu kering atau juga berminyak.

  1. Kulit Kering

Nah, jenis kulit yang satu ini punya tingkat kelembapan yang minim, tekstur yang cukup kasar dan biasanya sangat rentan pada masalah iritasi. 

  1. Kulit Berminyak

Penampakan kulit yang terlihat licin dan mengkilap bak diolesi minyak goreng, karena sebum berlebih pada wajah yang dihasilkan oleh kelenjar minyak.

Pemilik kulit dengan tipe berminyak cenderung mengalami masalah kulit seperti jerawat, komedo dan bruntusan akibat pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan make up.

  1. Kulit Sensitif

Waah kalau sudah dikata sensitif rasanya mencakup semua permasalahan kulit khususnya wajah ya?

Ya! Kulit sensitif memang jenis kulit wajah yang sangat mudah terserang gatal, alergi, serta iritasi karena reaksi terhadap faktor tertentu misal dari lingkungan, makanan, hingga produk skincare atau kosmetik yang digunakan. Naah makanya harus hati-hati ya sobat yang kulitnya sensitif.

Oke, sekarang setelah tahu jenis-jenis kulitnya, kita juga harus tahu lho skincare apa yang bagus dan cocok sama kulit kita. Biar kita nggak salah pilih dan salah sassran lalu tak berjodoh. 

Tips Aman Memilih Skin Care

Nah aku kasih tahu nih cara kita pilih skincare yang aman dan pastinya nyaman

  1. sesuaikan dengan karakter kulit

Biasanya setiap skincare udah mengklaim diri cocoknya untuk  karakter atau jenis kulit tertentu. Misalnya untuk kulit berminyak skin carenya pun khusus untuk kulit yang berminyak begitupun untuk jenis kulit yang kering, tipe skin carenya pun khusus kulit kering.

  1. Sesuaikan dengan permasalahan kulit

Setiap orang punya masalah hidup masing-masing yang berbeda, begitu juga dengan masalah kulit. Makanya pas kita pilih skincare kita juga harus banget hapal masalah kulit kita apa. Misalnya kulit kita berjerawat, tentunya skincare yang kita pilih juga harus yang khusus berjerawat

  1. Perhatikan kandungan produk

Naah ini yang nggak kalah penting, kita harus teliti untuk cek semua kandungan yang ada pada skincare yang bakal kita pilih. Pastikan kalo memang bener-bener aman buat kulit dan sekaligus kesehatan kita apalagi kalau misalkan type kulit kita sensitif. Terus ini ya, konon katanya ada beberapa skincare atau kosmetik yang bahkan  bisa sampai menyebabkan kanker atau gangguan kesehatan yang serius.

  1. Pastikan memiliki izin BPOM

Cara ini bisa jadi alternatif ketika kita nggak hapal dengan jenis komposisi atau kandungan pada skincare. Kita pastikan kalau skincare itu sudah ada izin edarnya dari BPOM. Meskipun  sebenarnya nggak semua produk skin care  yang belum punya izin dari BPOM terkategori tidak aman, begitupun sebaliknya kita juga harus hati-hati dengan produk yang memalsukan izin BPOM yang padahal sebenarnya nggak punya izin.

  1. Perhatikan tanggal kadaluarsa

Selanjutnya kita harus melihat  expired atau tanggal kadaluarsa produk, jangan sampai kita memakai skincare yag sudah nggak layak buat diaplikasikan ke kulit wajah kita, Biasanya tanggal kadaluarsa dicantumkan pada kemasan produk. 

Produk yang sudah expired tidak akan bisa bekerja optimal pada kulit atau bahkan bisa menimbulkan efek samping . Serem kan?

Nah, para sobat ladies itu bahasan temtang skincare yang semoga bagi yang belum menemukan jodoh skincare nya segera dapet ya!


Related Posts

Posting Komentar