tehfira.my.id

3 Hak Istri yang Wajib Dipenuhi Suami

Unplash by Irfah Akhter

Saat seseorang sudah memiliki keinginan untuk menikah, maka sudah sepantasnya ia mengetahui hak-hak dan kewajiban antar suami dan istri. Biar nikahnya jadi ibadah. Dan ini sangat penting pakai banget nget nget, agar rumah tangga yang akan atau yang tengah diarungi benar-benar bernilai ibadah.

Bila ada pasangan yang hendak menikah, dan kebetulan membaca tulisan ini, semoga menjadi bekal ya. Dan jika tulisan ini dibaca oleh orang atau pasangan yang sudah khatam dalam seluk belukk ilmu nikah, mudah-mudah ini bisa jadi pengingat. Intinya mudah-mudah tulisan ini bermanfaat. 

Oke karena aku ini sebagai seorang istri, jadi aku bakal bahas dulu hak dan kewajiban istri terhadap suami. Setidaknya ada tiga hak istri yang bisa didapat dari suami

3 Hak Istri yang Wajib dipenuhi Suami

1. Dipergauli dengan Sebaik-baiknya

Aturan Islam telah menekankan hal ini untuk diamalkan. Hal yang sangat fundamental dalam ikatan pernikhan. Rasullah Saw. juga tentunya menegaskan pada ummatnya dalam hal ini adalah para suami untuk mempergauli isti-istrinya dengan cara yang baik. 

Sebagai contoh, mempergauli istri dengan baik adalah bersikap lemah lembut pada istri. Namun, bukan berarti suami tidak bersifat tegas.

2. Melindungi  dari Segala Sesuatu yang Membahayakan

Seorang suami wajib menjaga istrinya dari hal-hal yang bisa menjerumuskan istrinya  pada dosa. Pun demikian dari hal-hal yang membahayakan fisik dan mental istri. Misal, menjaga kewarasan istri.

Konteks ini lebih ke arah istri berhak mendapatkan penjagaan dari hal-hal yang membahayakan baik di dunia maupun di akhirat. Seperti yang telah Allah jelaskan dalam Al-Quran surat At-tahrim:6 yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar dan keras. Mereka tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepadanya dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

3. Menghidupkan Ruh Perkawinan

Tanggung jawab seorang suami memang tidaklah mudah, selain harus bertanggung jawab terhadap kehidupan dunia dan akhirat sang istri dan anak-anaknya, suami juga harus menghidupkan keseluruhan ruh perkawinan agar tercipta keluarga yang didambakan yaitu keluarga sakinah mawaddah warahmah.

 Bahagia atau tidak, sukses atau tidak sebuah keluarga, tergantung pada bagaimana suami membawanya.

Nah, sobat begitulah gambaran besar tentang hak-hak istri terhadap suaminya. Semoga kita para istri dan calon istri bisa mendapatkan suami yang dapat menunaikan hak-hak kita dengan baik.



Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar