tehfira.my.id

Menjaga Kewarasan Ala Ibu Rumah Tangga Sekaligus Pekerja


Unsplash.com

Kesempatan kali ini, aku bakal curhat lagi. Namun, yang bermanfaat tentunya. Tentang rumah tangga, tepatnya sebagai seorang ibu rumah tangga yang merangkap menjadi seorang pekerja.

Memang sih, awalnya aku anggap aktivitas di luarku ini bukanlah hal yang bisa disebut sebagai kerja. Dengan kata lain berarti aku bukan seorang pekerja. Tapi itu lain cerita ketika aku sudah menikah. Allah memberikan aku kesadaran tentang realita kehidupan. Bahwa ternya menjadi seorang guru juga adalah pekerja.

Pantas saja saat nikah dulu, orang-orang yang memberikan ucapan selamat atau yang sampai memberikan kado, rata-rata bilangnya “Selamat menempuh hidup baru”. Aku pribadi, kala dulu  dapat ucapan itu  merasa heran. Kenapa menempuh hidup baru, memangnya kita mau pindah alam? Atau mungkin dengan menikah kita akan mulai lagi kehidupan seperti orang baru lahir?

Lagi-lagi realita yang berbicara berdasarkan waktu yang terus berjalan, kalimat “Selamat menempuh hidup baru” itu semakin terasa. Dan sering kali keluar dari mulut yang polos ini “Ohh... Ya Allah, ternyata ini yang disebut-sebut hidup baru”.

Banyak sekali hal baru yang harus ditempuh dan dihadapi, Itu sama sekali membuat jiwa raga shock. Bahkan seringnya mental pun ikut tercabik sampai-sampai susah untuk terselamatkan. Aku yakin, ibu-ibu dan mak-mak di mana pun berada pasti merasakannya. Namun, tenang aku punya beberapa tips untuk menyelamatkan mental mak-mak.

Beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental ibu rumah tangga:

Memperbanyak Ingat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala

Hal ini adalah yang paling fundamental. Obat dari segala obat, karena jika kita merasa penat, sakit, kesal, atau huru-hara sejenisnya, maka yang bakal berhasil menjadi pertolongan pertama adalah mengingat Allah Swt. baik dengan cara menyebut asma-Nya atau dengan mensyukuri setiap pemberiannya.

Merawat dan Menghargai diri Sendiri

“Percaya diri adalah modal hidup”. Walaupun terdengar agak ektrem, tapi begitulah adanya. Yang jelas adalah kita para ibu rumah tangga harus bisa menjaga rasa percaya diri. Contohnya ya itu tadi, merawat diri. Sesekali badannya perawatan bu ibu. Jika sering kali dirawat rasa percaya diri itu akan bertumbuh.

Mencari hiburan

Hal yang mampu menghibur seseorang tentunya akan berbeda dengan orang lain.  Ada yang merasa terhibur dengan mendengarkan musik, belanja, maskeran, atau nyeblak. Dan ada juga lho, hiburannya hanya berdiam diri saja di dalam kamar. Yang jelas itu bisa sedikit meredakan penat.  

Baik, kawan buibu atau calon ibu-ibu kali ini aku cukupkan dulu ya, semoga ada manfaatnya.

 

           

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar