tehfira.my.id

5 Kewajiban Istri Terhadap Suami

medium.com/@ivanlanin

Hallo sobat, kali ini aku bakal lanjutin bahas seputar istri dan suami. Seputar hak dan kewajiban antar keduanya. Kemarin baru selesai dibahas hak istri yang harus ditunaikan oleh suami. Jika ada hak, tentunya bakal harus ada yang namanya kewajiban kan, ya?

Nah, sekarang bakal aku coba  tulis apa saja kewajiban yang harus ditunaikan oleh seorang istri terhadap suaminya. Hal ini mutlak harus ditunaikan oleh istri, karena jika tidak, tentunya akan menjadi dosa. Gak mau kan kita jadi istri durhaka. Naudzubillahi min dzalik.

Sebetulnya kewajiban istri terhadap suami adalah hanya taat dan berbakti lahir juga batin dalam batas-batas Islam. Namun, kata taat dan berbakti ini masih sangat umum. Kali ini saya coba perinci kewajiban apa yang harus ditunaikan oleh istri pada suaminya.

5 Kewajiban Istri Terhadap Suami

Menaati Suami dalam Kebaikan

Hal ini menjadi perkara yang sangat urgen, no debat. Seorang istri harus mematuhi perintah sang suami selama perintah tersebut masih ada dalam koridor hal-hal kebaikan. Seperti menjauhi larangan Allah Swt. 

Menyenangkan Suami

Nah, hal ini masih agak misterius ya. Menyenangkan di sini maksudnya adalah istri harus bisa membuat pandangan suami senang dan nyaman. Contohnya seperti kita menjaga sikap di depan suami, bersolek untuk suami, memasak makanan kesukaan suami, menghibur suami dikala sedih dan masih banyak lagi.

Menjaga Kehormatan Suami

Sebagai istri wajib menjaga kehormatan suami, terlebih ketika luput dari pandangan suami. Menjaga nama baik suami adalah sebuah keharusan, pun dengan aib-aib dan keburukan suami adalah tugas istri untuk menjaganya.

Walau bagaimana pun suami adalah kepala keluarga dan imam dalam sebuah rumah tangga. Maka dari itu kehormatannya perlu dijaga.

Berusaha Membuat Suami Ridho

Bagi seorang perempuan yang sudah menikah keridhoian Allah Swt adalah tergantung pada ridho suami.  Maka, sudah sepatutnya istri harus selalui mencari ridho suami agar Allah pun ridho. Jangan sekali-kali sengaja mengecewakan atau membangkang suami, karena hal itu akan mencederai ridhonya.

Mendoakan Suami

yang terakhir, kewajiban istri pada suami versi Teh Fira yang didasarkan pada keterangan-keterangan dan tuntunan Rasullah Saw adalah mendoakan suami. Ini penting banget, karena salah satu doa yang paling mustajab adalah  doa istri terhadap suaminya. Jadi tolong untuk para istri jangan coba-coba mendoakan jelek pada suami Anda. Sekalipun dalam kondisi kita merasa kesal berat padanya.

Oke, baiklah itu tadi kewajiban-kewajiban istri yang harus ditunaikan pada suami tercinta. Jika kewajiban dapat tertunaikan Insyaallah predikat istri sholeha akan didapat. aamiin



Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar