tehfira.my.id

Hak Suami Yang Wajib Dipenuhi Istri

 Bismillahirrrahmanirrahiim..

Oke deh, kita lanjutkan lagi masih seputar hak dan kewajiban antar istri dan suami. Kali ini adalah hak-hak suami yang harus ditunaikan oleh istri.

Jadi, benar sekali bahwa Islam itu adalah agama yang sama sekali tidak merugikan siapa pun, dan pihak mana pun. Dalam hal mengatur hak antara suami istri pun sangat-sangat adil. Tinggal kita sebagai umatnya menegakkan aturan tersebut.

Berikut ak-hak Suami yang harus ditunaikan istri

1. Istri taat dalam segala hal

Karena kewajiban istri yang utama adalah taat, maka ketika dibahas mengenai hak suami juga yang paling pertama dan utama adalah ditaati oleh istri. Dalam hal ini ada pengecualian yaitu, kecuali dalam hal yang dibenci oleh Allah, maka istri tidak boleh menaati suami. 

Bisa dikatakan suami yang beruntung apabila memiliki istri yang sholeha, yaitu taat pada suaminya. Saking teramat pentingnya taat dan patuh seorang istri pada suaminya, Rasullah Saw. telah bersabda, yang artinya;

“Dari Aisyah Radiallahu anha, ia berkata; Saya bertanya kepada Rasullah, siapakah oran yang paling besar haknya terhadap perempuan? Beliau bersabda suamimu, lalu say abertanya lagi, siapakah orang yang paling besar haknya laki-laki?, beliau menjawab ibunya”

Jangan sekali-kali membangkang pada suami ya, sobat. Karena jelas ya, ada hadisnya juga bahwa ridho Allah bagi seorang istri adalah terletak pada ridho suaminya.

2. Mendapat pelayanan yang terbaik

Melayani suami baik secara fisik dan mental adalah tanggung jawab istri terhadap suaminya. 

Menyiapkan makanan, merawat dan memberi perhatian pada suami, memantaskan diri di depan suami sehingga suami merasa nyaman.

Hal ini selaras dengan firman Allah Swt. dalam Q.S Al Baqarah: 228

Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma’ruf.” (QS. Al-Baqarah: 228).


3. Menjaga diri dan harta suami

Ketika suami tidak ada, maka istri haruslah pandai menjaga diri. Jangan mentang-mentang luput dari pantauan suami, lalu istri sengaja untuk tidak menjaga diri dengan baik. Nauzubillahi min dzalik.

Pun demikian dengan harta suami, harus dijaga ketika suami tidak ada di rumah misalkan. Jangan sampai istri mempergunakan harta suami tanpa seizinnya.

Sebagaimana dalam sebuah hadis dijelaskan:

Sebaik-baik perempuan ialah bila engkau pandang menyenangkan engkau, bila engkau perintah ia taat padamu, dan jika engkau tinggal di belakang, ia menjagamu pada dirinya dan hartanya." (Al-Hadits)

Related Posts

There is no other posts in this category.

20 komentar

  1. Islam sudah memberikan batasan tegas antara hak dan kewajiban suami istri ya. Seharusnya kita sama sama paham dan melakukannya dengan benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Kak.
      Jika sudah sama-sama paham, Insyaallah samawa akan terealisasikan

      Hapus
  2. Noted. ini harus disimpan untuk nanti dibaca lagi saat menjelang pernikahan. Biar ingat dan selalu taat pada suami 🤭

    BalasHapus
  3. Iya bener aku setuju. Memang sbg istri patuh sama suami itu kewajiban. Apalagi menjaga diri ketika suami tidak ada di rumah.

    BalasHapus
  4. MasyaAllah jadi tamparan diri sendiri juga yang bener-bener harus mengetahui tujuan menikah dan arti dalam pernikahan. Zaman sekarang perempuan dan laki" kebanyakan menikah tanpa tahu peran dan kewajiban masing-masing, terutama perempuan yang harus menjadi pakaian bagi suaminya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, Kak.
      Kebanyakan main nikah nikah doang, asal punya uang udah selesai perkara. Tanpa tahu ilmunya.

      Hapus
  5. Alhamdulillah, udah dapet ilmunya. Tinggal suami aja nih yang belum dapat 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuu dipercepat, biar bisa segera terselesaikan 😄🤗

      Hapus
  6. Aku belum menikah, tapi ini informasi yang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, Kak.
      Semoga segera bisa diamalkan ya 😄

      Hapus
  7. Alhamdulillah ilmunya udah ✅️
    Tau kewajiban Suami udah ✅️
    Calon Istri masih di jalan 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan mana, awas hati-hati jalanan banyak culik.😄

      Hapus
  8. Islam memang lengkap, semua ilmu dalam kehidupan telah diajarkan dalam Islam, termasuk tentang kewajiban dan hak suami istri. Terima kasih ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Kak. Islam itu memang paket lengkap ya.
      Sama-sama, Kak

      Hapus
  9. Makasih ilmunya teh fira. Aku belum mengalami fase ini, tapi aku pastiin mampir ketulisan ini dimasa depan heheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera, ya. Biar bisa langsung diamalkan.hhe

      Hapus
  10. Terima kasih, Kak sudah berbagi ilmu yang sangat penting buat para istri seperti saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Kak.
      Ini sebetulnya reminder bua diri sendiri juga sih.he

      Hapus

Posting Komentar