tehfira.my.id

3 Tips Bangun Sebelum Shubuh dengan Segar

Unplash.com by insungyoon

Akhir-akhir ini aku sering tidur di atas jam dua belas malam. Namun, untuk urusan ibadah, wajib bagi aku dan suami untuk bangun sebelum subuh. Artikel kali ini ingin sekali berbagi sedikit pengalaman keberhasilan bangun sebelum subuh walaupun tidur larut.

Selain karena banyak pekerjaan non rumah yang dikerjakan di rumah (pekerjaan kantor di bawa ke rumah), aku juga sedang mengikuti beberapa kelas menulis yang mengharuskan aku setor tulisan di jam Cinderella.

Meskipun demikian, alhamdulillah aku bisa tetap konsisten bangun sebelum subuh karena mengamalkan beberapa amalan berikut:

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Banyak orang termasuk aku tahu bahwa ada satu waktu di dalam satu hari yang pahala ibadahnya itu bisa menandingi isi dunia. Sayangnya, tidak banyak orang yang sadar bahwa pahala itu ada setiap hari. Yap! Pahala mendirikan salat sunah sebelum subuh itu lebih baik dari pada dunia dan isinya.

Tak kenal maka tak sayang. Kita mah biasanya akan sayang ke satu hal kalau sudah kenal dengan hal itu, yakan? Semisal sama pasangan, kita bisa sayang karena kita sudah kenal betul dengan pasangan kita.

Pun dengan aktivitas bangun sebelum subuh. Tak kenal dengan pahala yang ada di waktu itu, maka kita tak akan sayang melewatkan waktunya begitu saja. Saking sayangnya, banyak dua sejoli yang rela mengorbankan apapun untuk pasangannya. Seharusnya, karena saking sayangnya kita dengan pahala, kita juga akan otomatis berkorban untuk pahala tersebut.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Siti Aisyah ra bahwa Nabi saw bersabda, “Dua rakaat fajar (qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR Muslim, An Nasa'i, at Tirmidzi)

Aku juga masih sering kok telat bangun subuh. Namun setiap telat itu, aku pasti nangis. Kan sayang sekali ya pahala sebesar itu dilewatkan. Iya, nangis kayak anak kecil yang minta jajan tapi nggak dikasih.

Amal itu Tergantung Niat

Innamal ’amalu binniyat

Sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung niatnya. Hadis ini sebetulnya ada lanjutannya, tapi karena bukan lanjutannya yang akan aku bahas, jadi di sini aku skip dulu. Insya Allah di waktu yang lain mungkin ya.

Biasanya, kalau aku niat (mengucapkan dengan lisan, diteruskan oleh hati) aku teh selalu diberikan kemudahan untuk bangun. Minimal mah suka ada waktu di mana aku teh tiba-tiba terbangun.

Niat ini ternyata lebih canggih daripada alarm elektronik, loh. 

Usahakan Wudu dan Mengaji Qur'an Sebelum Tidur

Mungkin karena setelah wudu itu kita ini dalam keadaan suci kali, ya. Dan mungkin karena mengaji sebelum tidur itu kita kayak berdialog sama Allah subhanahu wa ta’ala. Mangkanya aku pribadi selalu diberikan kemudahan bangun. 

Akhir Kata

Tanpa bermaksud menggurui. Sebetulnya tulisan ini buat menampar aku sendiri di kemudian hari. Yaaaa....namanya juga manusia, pasti ada saja salah dan khilafnya. Akhir kata, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi saya dan semuanya. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. 

Assalamu’alaikum


Related Posts

Posting Komentar