tehfira.my.id

7 Tips Menjadi Mom Blogger ala MomqueenMQ.com

Tips Menjadi Mom Blogger

Siapa nih yang lagi nyari Tips menjadi mom Blogger? sini yuk kumpul. Teh Fira baru saja berselancar dan menemukan hal menarik tentang itu.

Salah satu kebahagiaan ketika berkegiatan bersama teman-teman Blogspedia Coaching Klinik #Batch2 adalah : Mendapatkan banyak ilmu dan kisah inspiratif. Baik dari coachnya atau dari para anggotanya.

Nah, di postingan kali ini. Aku akan coba berbagi keseruan ketika berselancar ke salah satu rekan anggota di sana. Namanya adalah Yunita Sri Wijaya atau biasa dipanggil dengan sebutan MomqueenMQ. Serupa dengan nama blognya  yang beralamat di https://momqueenmq.com

Kenapa namanya momqueenMQ? sip. pertanyaan bagus tuh. Karena nanti jawabannya juga bagus dan cukup menginspirasi.

Kenalan Dengan Momqueen MQ


Dari Mbak Yuni atau MomqueenMQ aku menemukan banyak sekali pelajaran. Tentang bagaimana beliau konsisten menulis di tengah kesibukannya sebagai Ibu dengan tiga orang anak yang usianya tidak terpaut jauh. Atau tentang bagaimana beliau bisa menginspirasi banyak orang dengan tulisan "Parenting" khas momqueenMQ.

Kali pertama momqueenMQ bergelut dengan dunia blogging adalah ketika menemukan iklan di media sosial. Ada salah satu komintas bernama Bengkel Diri; menawarkan kelas blog dengan tema ngeblog asik bonus duit dan ukhuwah. Siapa sangka bahwa pertemuan tersebut membawa beliau bisa konsisten menulis sampai sejauh ini.

Rata-rata yang di munculkan oleh Mbak Yunita di blognya adalah segala hal yang berhubungan dengan parenting dan dunia kepenulisan. Tidak jarang, beliau membagikan pengalamannya dalam mendidik dan membesarkan anak lewat tulisan tips.

Misalnya saja tips memilih buah yang baik dikonsumsi saat hamil. Pengalaman ketika belajar kasih sayang dari anaknya, atau bercerita tentang dunia menulis sebagai hobi yang bernilai dakwah.

Sebetulnya masih banyak sekali pelajaran dan hal yang ingin kubagikan, tapi....eh nggak ada tapinya atuh, nih aku tambahkan info menarik lainnya.. sebelum membahas bagaimana tips menjadi mom blogger ala beliau.

7 Fakta Menarik Tentang MomqueenMQ

Tak kenal maka ta'aruf. yap...salah satu aktivitas menyenangkan selain bisa rebahan ketika anak tidur dan semua aktivitas beresin rumah sudah kelar adalah : bisa berkenalan dengan orang-orang yang sangat mengispirasi.

sebelum tips menjadi mom Blogger ala Mbak Yunita; Sedikitnya ada 7 Fakta menarik tentang MomqueenMQ yang akan ku bagikan kali ini. di antaranya adalah sebagai berikut :

Super Rapi dan Teratur

Sedari kecil, momqueen sudah dibiasakan untuk melakukan apa saja dengan rapi dan teratur. Sosok yang ada di balik ini tentu berasal dari Sang Ibu tercinta. hal-hal yang menyangkut dengan kebersihan rumah dari membersihkan peralatan pribadi, sampai dengan perabot rumah tangga, sudah biasa dilakukan sedari kecil.

Ibu meminta semuanya rapi dan teratur, dari mulai bangun tidur, sampai dengan tidur lagi. Jika ada barang yang digunakan, maka barang tersebut harus dibersihkan dan dirapikan sesuai bagaimana awalnya. Bangun tidur, nggak boleh langsung bangun, momqueen dilatih sang Ibu untuk melipat dan selimut dan merapikan tempat tidur sebelum beranjak.

Selain dari ibunda tercinta, ilmu tentang rapi dan teratur juga didapatkan dari sang Ayah. Dimulai dari hal kecil seperti megikat tali sepatu dengan baik dan benar misalnya. Jika momqueen berhasil mengikat tali sepatu dengan sangat rapi, dan benar, maka akan ada hadiah yang bisa diamankan. 

Perjalanan menuju dewasa, dengan pembiasaan yang dilakukan kedua orang tuanya, Mbak Yunita berubah menjadi sosok perempuan yang memiliki karakter positif. yaitu Super Rapi dan teratur.

Senang Berjualan

Fakta selanjutnya tentang Momqueen adalah tentang kesenangannya dalam aktivitas jual-beli. Meskipun memiliki status sebagai Ibu dengan 3 anak kecil super aktif, untuk urusan berjualan ini, beliau pasti punya waktu yang khusus.

Dalam fakta tentang momqueen Mbak Yunita bercerita bahwa perkenalannya dengan hobi berjualan ini sudah beliau lakukan sedari SD. Wah, tanginas pisan ya...

Barang yang pertamaka kali dijual waktu itu adalah artu ucapan ulang tahun, atau lebaran. usaha ini dikerjakan bersama sang Kakak. dari aktivitas bedagang ini, rasa peduli terhadap kesusahan orang tua dalam membesarkan anak mulai tertanam.

Pecinta Mie

Kalau fakta yang satu ini agak bikin ngiler nih. Apalagi ketika anak sudah tidur, ada beberapa pekerjaan dengan laptop yang harus segera diselesaikan; eh tapi perut tiba-tiba berontak. aku lapar...aku lapar. Begitu kata perut. biasanya yang menjadi pilihan utama adalah Mie.

Selain karena instan, mie juga memiliki rasa yang cukup nikmat sih menurutku. hahaha
Eh ternyata Mbak Yunita juga pecinta mie.. Yess kita samaan dong ya.

Di masa lalu ketika Mbak Yunita sakit, katanya dulu pernah ditawari "pengen makan apa" sama orang tuanya. yang ada dalam pikiran beliau waktu itu langsung tertuju ke Mie. padahal waktu itu harga mie cukup mahal loh katanya. whehehehe. saking cinta sama mie kali ya.hehe tos Mbak

Nggak  (Terlalu) Suka Suprised Party

Peringatan datang untuk siapa saja yang ingin mencoba membuat suprised party untuk momqueenMQ. untuk siapapun, kamu. iya kamu, mending urungkan niat sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan ya. hehe

Fakta selanjutnya tentang Mbak Yunita ini cukup unik ya. di saat kebanyakan orang (menurutku) menyukai kejutan, eh Mbak ini malah nggak. 

Alasannya sih cukup masuk akal ya. Biasanya acara suprise party diawali dengan drama tertentu, entah menakut-nakuti, membuat cemas atau hal lain yang bikin emosi naik seketika. efeknya bisa permanen loh. jadi hati-hati ya. hehe

Cinta Damai

Sebagai seorang melankolis koleris (salah satu gabungan bentuk kepribadian personal) Mbak Yunita ini teramasuk ke dalam orang yang mencintai kedamaian. Banyak hal yang di masa depan bisa bikin konflik, selalu dihindari. Misalnya menghindari debat kusir, atau pertikaian untuk masalah sepele.

Phobia Cacing

Fakta selajutnya dari Momqueen adalah adanya phobia terhadap hewan lunak imut yang mirip ular.  Ada perasaan jijik dan geli ketika melihat atau si cacing ada di dekatnya. Kisah ini berawal ketika dulu pernah ada orang iseng yang melemparkan cacing ke arahnya. 

Niatnya sih mungkin iseng ya, tapi tahu nggak? supprised party dari si orang iseng itu berujung pada phobia cacing sampai sekarang. Ganjaran untuk si orang iseng adalah : tidak medapatkan maaf dari momqueen (hayoooo udah beberapa kali nih diingetin soal no suprised party)

Gemar Menulis

Fakta menarik terakhir yang aku dapat setelah berkunjung ke rumah virtualnya Mbak Yunita adalah kegemarannya pada dunia menulis.  Jika sudah on, Mbak Yunita ini menghabiskan banyak waktu untuk menulis. entah itu di laptop, atau di smartphone. Ada banyak waktu luang yang dimiliki Mbak Yunita ini, dihabiskan dengan menulis.

Ini sangat terbukti ya, lihat saja rumah virtual beliau... tulisannya cukup konsisten dan selalu terupdate.

7 Tips Menjadi Mom Blogger ala MOMQUEENMQ.COM


Tips menjadi Mom Blogger ini aku dapat setelah sebelumnya berselancar di beberapa tulisan yang pernah dipublish oleh momqueenMQ. Banyak pelajaran yang bisa aku ambil. Terutama semangat beliau sebagai mom dan blogger.

Kiranya aku ambil beberapa pelajaran penting dari beliau...

Menulis Sebagai Hobi

Nyambung dengan fakta menarik momqueen nomor 7, hobi menulis dan blog memang sudah menjadi pasangan yang cocok dari masa ke masa. Apalagi kalau hobinya juga berkaitan dengan hal-hal yang menjadi kebiasaannya.

Aku melihat hobi menulis dari Mbak ini sudah kuat ya, tulisannya kece, pemahannya mantap, isinya daging dan yang pasti mengedukasi. Aku sih sempet bingung, lah kok bisa punya anak 3 yang masih kecil-kecil, tapi nulisnya nggak kelewatan, blognya selalu update dan isi tulisanya juga terupdate.

Padahal ternyata bekal hobi menulis dari Mbak Yunita ini juga cukup berpengaruh. Jadi, Tips menjadi mom blogger pertama ini bisa dikatakan kita harus hobi (membiasakan) menulis ya. 

Berdakwah Lewat Tulisan

Menarik nih! dahulu sekali aku hanya kenal dakwah itu sebagai ceramah. Ulama atau ustad berbicara  di atas panggung, menyebarkan ajaran agama Islam. hanya sesimple itu aku tahu soal dakwah.

Tapi nyatanya kan dakwah bisa dari mana saja. Salah satunya lewat tulisansan. Ketika menulis diniatkan untuk berdakwah, mengajak orang dari jalan yang gelap ke jalan bercahaya; (walau secara tidak langsung) mengajak orang untuk meninggalkan perkara yang merugikan; atau memberitahukan orang soal apa saja yang baik dan apa saja yang buruk.

Salut sama Mbak Yunita, yang bisa menjadikan tulisannya juga sebagai media untuk berdakwah, saya pernah melihat ada tulisan tentang Urgensi Tarbiyah Dzatiyah di rumah virtual beliau. Isinya adalah tentang urgensi membina diri secara otodidak. Kalau bukan kita yang membina diri sendiri, siapa lagi?

Nah kurang lebih begitu yang dimaksud dengan Tarbiyah Dzatiyah, satu konsep yang juga dipelajari pada bab Tarbiyah. yang mau tahu tulisannya seperti apa? bisa mampir ya ke sana.

Memanfaatkan Dukungan Pasangan

Tips menjadi mom blogger selanjutnya bisa dengan memanfaatkan dukungan dari pasangan. Kayaknya sih nggak ada ya pasangan yang tidak mendukung aktivitas positif. Pasti dapat dukungan dong.
karena biasanya, selama kegiatan yang dilakukan positif, pasangan akan selalu hadir memberi dukungan.

Nah, caranya bagaimana? menyoal tulisan di blog itu kan butuh waktu buat nulis tuh. Kita bisa berdiksusi dengan pasangan untuk merealisasikan itu. 

Seperti ceritanya MomqueenMQ yang dapat dukungan 100 persen dari sang suami. Eh ya, nama Momqueen juga kan inspirasinya dari suami ya. hehe. MQ itu asal katanya dari Miku atau Suamiku, lalu berubah jadi Miqu, eh jadi MQ deh. begitu

Fokus

Lanjut ke tips menjadi mom Blogger selanjutnya nih.... yap! kita harus fokus pada tujuan kita.
di Kelas Blogspedia Coaching Batch 2 ini, kita diminta untuk menuliskan beberapa alasan ngeblog. BIG WHY kalau bahasa Mbak Maritanya.

Salah satu ilmu yang bisa bikin mom blogger sukses di dunia blog adalah dengan fokus pada apa yang menjadi tujuannya menulis di blog. Karena pastinya tujuan itu baik-baik semua dong, atau ada keuntungan yang bisa didapatkan (entah itu finansial, keuntungan rohani, dan sebagainya)

Tidak Menargetkan Uang

Segalanya mungkin butuh uang. Tetapi uang bukan segalanya! aku belajar bahwa menulis itu harus ikhlas, ingin berbagi ilmu, dakwah, menjadi media penyembuh hati dan lain sebagainya.

Jika memang ada waktunya untuk mendapatkan uang...ya Alhamdulillah. tapi itu bukan tujuannya, bukan targetnya.

Menguasai Materi

Banyak dari tulisan yang sudah dipublish oleh Mbak Yunita, kebanyakan adalah pengalaman pribadi dalam menyikapi masalah. karena merupakan pengalaman, jadi jelas sekali bahwa Mbak Yunita ini sangat menguasai sekali materi yang dibagikan.

Duh, kapan yaa aku bisa menguasai materi sperti Mbak Yunita, mengenal banyak ilmu tentang parenting, menulis, agama, lalu dengan mudah membagikannya di blog. sebagai seorang Mom Blogger yang berbahagia

Konsisten

Tidak salah jika Tips menjadi Mom Blogger ini harus diakihiri dengan kata konsisten. Karena pencapaian sebagus apapun. akan tidak berarti jika tidak dibarengi dengan keistiqomahan.

Sering sekali dong ya kita denger kata "sedikit-sedikit, lama-lama juga jadi bukit" itulah salah satu wujud konsisten.

Tips Menjadi Mom blogger yang lain akan tidak berarti jika tips terakhir ini tidak diikutsertakan. tidak ada yang sempurna tanpa perjuangan.

Related Posts

8 komentar

  1. Masya Allah rapih sekali kak, nyaman sekali di baca ulasannya.. Jadi langsung terbayang pribadi Kak Yuni nya. Sukses terus dan semangat ya kak :D
    tips2 di atas sangat membantu sekali untuk saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau emang bener begitu ya, Kak. hehe Terimakasih sudah berkenan mampir.

      Hapus
  2. Keren mba, ulasannya unik. Bikin lebih kenal sama momqueen ;) tips yang disajikan juga bagus dan ilustrasi artikelnya rapi, cakep.

    Anyway, keren sekali ya momqueen dengan 3 anak masih bisa konsisten ngeblog :') aku yg 2 balita anak aja masih suka kepentok2 waktu.

    Sukses terus untuk kalia berdua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak... pokonya inspirasiku Momqueen ini.

      Hapus
  3. Lengkapnya....

    Keren teh ulasannya. Jadi berasa kenal karakter momQueen.

    Tapi emang kliatan sih kalau liat penampakan blognya momqyeen . Rigid. Ah ternyata benarlah emang karakternya rapi dan teratur

    Menarik sekali 7 fakta yg dijabarkan hehehe.
    Aku juga pecinta mie. #eh

    Melihat kebiasaanya yang tam suka kejutan tapi cinta damai. Tampaknya plegmatis nih hwkskaka sotoy kali aku.

    Semangat berkarya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangaaattt....
      kita sama-sama pencinta mie.wkwk

      Hapus
  4. Masya Allah... Ini mah narasinya yang keren, gaya bahasa yang santai dan deskriptif, ahh emang beda kalo bu guru yang nulis dibanding murid yak.. Aku padamu lah bu guru, kelak kutitipkan anak-anak ini pada pengajaranmu, love.

    BalasHapus

Posting Komentar